Republika Online
Updated: Fri, 14 Dec 2012 14:56:28 GMT

Baleg Minta Perangkat Desa Bersabar



Baleg Minta Perangkat Desa Bersabar

Baleg Minta Perangkat Desa Bersabar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPR, Ignatius Mulyono meminta perangkat desa untuk bersabar. Ini karena RUU Desa yang mereka dorong saat ini telah dibahas melalui Panitia Kerja (Panja) dan hampir rampung.

“Sebetulnya tinggal tunggu selesasinya saja. Banyak yang tidak sabar menunggu,” katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (14/12).

Menurut dia, pembahasan RUU ini tak serta merta mengatur pengangkatan perangkat desa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun diarahkan agar kesejahteraan para perangkat dan desa bisa ditingkatkan.

Dalam RUU Desa, lanjutnya, mekanisme peningkatan kesejahteraan tersebut bisa direalisasikan dengan pengajuan anggaran dari APBN sebesar 10 persen. “Kami jamin 2013 sudah rampung. Sudah masuk di Prolegnas 2013,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Terkait tuntuntan peningkatan status menjadi PNS, Ignatius menilai itu harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Mengingat jenis pemerintahan yang dijalankan di tingkat desa berbeda dengan tingkatan lainnya.

Hari ini, lebih dari seribu perangkat desa dari seluruh Indonesia melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR. Mereka menuntut agar RUU Desa segera disahkan dan status perangkat desa dinaikkan menjadi PNS.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.814 respon
  2. 66 %
    Tidak
    4.817 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    677 respon

Total Respon: 7.308
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft