Republika Online
Updated: Thu, 03 Oct 2013 07:31:22 GMT

Akil Mochtar: Independensi Hakim Adalah Harga Mati



Akil Mochtar: Independensi Hakim Adalah Harga Mati

Akil Mochtar: Independensi Hakim Adalah Harga Mati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar dicokok di kediamannya di Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan, semalam. Mantan politikus Partai Golkar itu ditangkap bersama seorang politikus Partai Golkar Chairunnisa dan pengusaha berinisial CN.

Akil Mochtar sebenarnya dikenal kerap menyuarakan idealismenya sebagai hakim konstitusi. Lewat akun twitter @akilmochtar, mantan juru bicara MK ini pun sempat bersuara soal independensi hakim.

"Independensi hakim adalah harga mati. Walau itu harus ada resiko,"ungkap Akil lewat kicauannya pada 4 Agustus 2013 lalu. Dia pun menambahkan, independensi hakim berarti independensi lembaga. Dalam hal ini, independensi lembaga yang dipimpinnya yakni Mahkamah Konstitusi.

"Independen juga bagi pencari keadilan dalam mengakses keadilan tanpa intervensi apapun,"ungkapnya. Kini, nasihat Akil pun harus kembali ke dirinya saat dia ternyata tertangkap tangan oleh petugas KPK bersama dua orang lainnya.

Akil dituduh menerima suap dari politisi tersebut dengan adanya barang bukti uang dalam mata uang singapura bernominal hingga Rp 3 miliar.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.299 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.285 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    467 respon

Total Respon: 7.051
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft