Republika Online
Updated: Fri, 13 Dec 2013 18:33:47 GMT

Ahok: Untuk Apa Cantumkan Agama di KTP?



Ahok: Untuk Apa Cantumkan Agama di KTP?

Ahok: Untuk Apa Cantumkan Agama di KTP?

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak setuju kolom agama dicantumkan di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Menurutnya, hal itu tidak berpengaruh terhadap tingkat kereligiusan warganya.

"Kalau menurut saya pribadi, saya nggaksuka ada kolom itu (agama), bodoh amat. Untuk apa mencantumkan agama Anda di KTP?" katanya di Balai Kota, Jumat (13/12).

Ia pun membandingkan dengan Malaysia. Menurutnya, Malaysia warganya lebih maju ketimbang Indonesia meski tidak ada Kementerian Agama dan kolom agama di identitas warganya.

Namun, Ahok memahami, dalam undang-undang di Indonesia harus mencantumkan agama dalam identitas warganya. "Seluruh dunia kan begitu, cuma di undang-undang kita memang harus mencantumkan agama," katanya.

Ahok juga menyindir koruptor terkait hal ini. "Harusnya yang korupsi-korupsi itu jangan cantumin agama di KTP-nya. Malu kan kalau ketahuan korupsi agamanya apa," ujarnya.

Pencantuman agama di KTP telah dibahas dalam revisi UU tentang Administrasi Kependudukan yang sudah disahkan oleh DPR. Di dalamnya terdapat pasal setiap warga dipersilahkan untuk memilih satu dari agama yang diakui oleh pemerintah untuk dicantumkan dalam identitasnya.

40Komentar
14 Des, 2013 09:40
avatar
kalo ada meninggal, orang" yang akan mengurus akan melihat KTP nya, kalo dia muslim akan diurus dengan tata cara islam.. 
14 Des, 2013 11:09
avatar
Pancasila sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa. Negara kita yang berdiri berdasarkan azas pancasila. Oleh karena inilah kita memakai kolom agama sebagai salah satu karakteristik bangsa. Bukan untuk diskriminasi.
14 Des, 2013 09:16
avatar
apa hubungan KTP sama tak beragama?!...siapa yang bodoh..KTP atau orangnya..
14 Des, 2013 08:12
avatar
kalo di KTP saja tidak perlu di cantumkan agama, jangan sampai kedepan nanti orang indonesia tidak perlu beragama lagi. hati2 loh !!! jangan sampai jadi ATHEIS 
14 Des, 2013 10:12
avatar
Setuju. Kolom agama di KTP cuma berguna bagi pihak2 tertentu yg memang berniat mendiskriminasi atau membedakan hak2 & kewajiban WNI berdasakan agama. KeTuhanan YME tidak terganggu dgn KTP tanpa kolom agama. Tapi yg pasti Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia sangat terusik dgn adanya kolom agama di KTP.
14 Des, 2013 16:50
avatar
Jangan selalu membedakan dengan Negara lain Bung !! Ingat ini Negara Indonesia Bung !!!! kalau nggak suka dengan tatanan Negara Indonesia ya silahkan pilih aja tinggal di Negara lain saja. Saya setuju dengan yang menyebut bahwa Negara kita berdasarkan "Pancasila", yang mana pada sila pertama nya adalah "Ketuhanan Yang Maha Esa". Jadi yang tidak beragama, janganlah menjadi penduduk Indonesia ..... Masalah KTP, memang seharusnya tercantum Agama, yang mana informasi tersebut masih diperlukan untuk kepentingan administrasi dan urusan urusan lainnya. Kalau masalah deskriminasi, tanpa KTP dan Agama pun sudah terjadi dimana mana sejak dulu manusia dilahirkan sampai akhir jaman nanti .... nggak mungkin bisa hilang, karena itu berhubungan dengan akhlak dasar manusia nya Bung !!! Negara semaju apapun pasti ada deskriminasi, baik itu terbuka maupun terselubung .... Deskriminasi tidak terjadi hanya gara gara Agama saja, tapi banyak sekali terjadi deskriminasi yang diakibatkan oleh factor lain nya. Jadi, marilah bersama sama berfikir jernih sebelum memberikan pendapat, karena nanti nya hal sepele dari tatanan yang sudah ada dirubah, malah akan menimbulkan potensi keributan yang lebih besar .......
14 Des, 2013 17:37
avatar
Kalau kang ahok nggak mau isi silahkan, tapi jangan dihilangkan. saya butuh untuk identitas saya.
15 Des, 2013 01:40
avatar
AHOK...AMERIKA SERIKAT MAYORITAS AGAMANYA APA...DISANA ADA PENJARA YANG DITAKUTI...ISINYA KOMPLIT DARI KORUPTOR SAMPAI PEMERKOSA... MAYORITAS AGAMANYA APA....BEGITU JUGA DI CINA???? FILIPINA????BRASIL????? DAN BANYAK LAGI SAMPAI MEKSICO??????
24 Des, 2013 01:30
avatar
Terbaru:
prihatin448
"apanya aspirasi Muslim?? Emangnya di Al Quran ada urusan kolom agama di KTP?? Ini semua aspirasi ORBA, untuk melakukan diskriminasi & pembedaan. Kalau rakyat terpecah belah lebih gampang dikuasai Suharto. Lu anteknya ORBA?"
prihatin448
"Imamfuk Mahdi memang sengaja plesetin omongan Ahok ke isu SARA. Dasar lu dah benci saja. Biadab lu"
prihatin448
"Imamfuk Mahdi .... wah lu sih berbahaya banget ngomongnya! Ahok juga menyindir koruptor terkait hal ini. "Harusnya yang korupsi-korupsi itu jangan cantumin agama di KTP-nya. Malu kan kalau ketahuan korupsi agamanya apa," ujarnya. Maksud dia kalo lu bawa embel2 agama dalam identitas lu, jgn bikin malu dgn berbuat dosa, apalagi kalo pejabat. TOLOL LU !"
24 Des, 2013 01:28
avatar
@prihatin448 Cara bicara kamu benar-benar menunjukkan kualitas kamu seperti kata-kata kamu sendiri....TIDAK MAMPU MENGANALISA DAN BERSIFAT MENJILAT MEMBABI-BUTA DENGAN DAYA PIKIRAN DANGKAL DAN BERSIFAT FITNAH DENGAN MENGANGKAT-ANGKAT HAL YANG TIDAK ADA DASARNYA......INTROPEKSI MENDALAM
15 Des, 2013 05:26
avatar

Indonesia adalah negara yg menjunjung tinggi agama, mungkin yg membedakannya dgn UU negara lain, namun sayangnya tidak sesuai dengan cerminan fakta Indonesia masuk negara terkorup ke lima didunia, dan pertama se- Asia Pasifik. Sama seperti punya gelar S3 namun sikapnya tidak menunjukkan gelarnya.

 

Kita boleh bangga punya UU yg berbeda soal keagamaan dgn negara lain, namun sebenarnya kebanggaan bukan hanya sampai disitu, namun kita punya tanggung jawab yang berbeda pula dibanding negara lain mengenai penilaian negara lain terhadap Indonesia mengenai keagamaan itu sendiri jika tidak ingin menjadi tertawaan atau terkesan munafik. Seperti kemana-mana bawa kitab suci tapi jualan diri.

 

Ahok hanya memperhalus bahasa saya diatas dgn ucapan Ahok menyindir koruptor terkait hal ini. "Harusnya yang korupsi-korupsi itu jangan cantumin agama di KTP-nya. Malu kan kalau ketahuan korupsi agamanya apa," ujarnya.

 

Agama adalah hal yang pribadi manusia dgn Tuhannya, lebih baik menunjukkan bagaimana keagamaan / keyakinan dgn sikap dan perbuatan terhadap sesama, daripada hanya sebatas menunjukkannya melalui KTP.

 

Mending jadi Ilmuwan yang lebih percaya pada science dan berpikir bagaimana membuat hidup lebih baik dan mudah, daripada belajar Agama dari TK sampe Kuliah, ujung2xnya jd koruptor juga...  malah jadi tertawaan... & terkesan munafik. Kasian agamanya jadi korban...

14 Des, 2013 14:11
avatar
saya sbg salah satu wni setuju dng Bpk Ahok,coba di evaluasi dong apakah banyak positif nya atw negatif nya ?? salah satu contoh ini malah akan terjadi Diskriminasi d bidang manapun.... 
15 Des, 2013 01:16
avatar
AHOK MULAI KEBLINGER... INI INDONESIA...PUNYA UUD45 BEDA DENGAN YANG LAIN TAPI SALING MENGHORMATI...MULAI NYINDIR ISLAM SEBAGAI KORUPTOR (PAKAI GAYA LAWYER) ....COBA PAK DI NEGARA AMERIKA SERIKAT AGAMANYA MAYORITAS KRISTEN TETAPI WARGANYA FREESEX....INGAT ISTRI ANDA..KELUARGA ANDA ANAK PEREMPUAN ANDA BEBAS DARI ISTILAH BUDAYA AMERIKA SERIKAT "MALU KALAU MASIH PERAWAN DIUSIA SMP" ITU KAREANA TINGGAL DILINGKUNGAN ISLAM-MUSLIM YANG MASIH SANGAT MENJAGA ATURAN ALLOH SWT....ANDA LUPA YA....SETIAP SISI ADA OKNUMNYA.....AWAS AHOK ANDA SUDAH MULAI SOMBONG (TIDAK MENGAKUI SESUATU YANG BENAR KARENA EGO PRIBADI YANG TERSEMBUNYI)????????
15 Des, 2013 05:43
avatar
hadeh ribet amat sih, system udah kaya gt pake mau di revisi segitu pentin kah om wagub??jakarta masih macet noh  tu yg penting ga usah identitas diutak atik
15 Des, 2013 02:49
avatar
sudah mulai ngak pegang aturan main..mumpung pegang jabatan / sewenang-wenang.... 2/3 rakyat indonesia MUSLIM  sudah HARUS MENGIKUTI ASPIRASI MUSLIM BEGITU JUGA YANG TERJADI DINEGARA ADIKUASA PENGANG ATURAN KEPUTUSAN 2/3 LAH YANG DIIKUTI....BEDA DENGAN DI INDONESIA...SUDAH SANGAT TOLERAN MALAH DIMANFAATKAN DAN CENDERUNG DISALAHGUNAKAN ATAU MEMBODOHI SECARA HALUS DENGAN ISTIALAH2 PENGHALUS... AHOK SUDAH AKAN PASTI BERKATA YANG BERBEDA BILA MAYORITAS KRISTEN
15 Des, 2013 01:28
avatar
AHOK ... ANDA SUDAH TIDAK ADIL DAN BIJAKSANA.... ANDA SUDAH MAIN-MAIN DENGAN RAKYAT INDONESIA / MUSLIM ..ANDA SUDAH MULAI MENUSUK DARI BELAKANG PADA MASYARAKAT MUSLIM YANG PERCAYA ANDA AKAN BIJAKSANA.....MASYARAKAT MUSLIM SUDAH SANGAT BAIK PADA ANDA....INDONESIA MERDEKA....SUDAH BANYAK MAKAN DARAH RAKYAT MUSLIM.....ANDA ORANG KRISTEN ATAU  LAINNYA SANGAT MUNGKIN UNTUK JAMAN ITU MUDAH JADI PEGAWAI RESMI BELANDA DAN MENIKMATI ROTI DAN SUSU.....TAPI MASYARAKAT MUSLIM BANYAK DARAHNYA DIPERTARUHKAN UNTUK KEMERDEKAAN INDONESIA...JANGAN MENUTUPI FAKTA YANG BENAR....ANDA SUDAH MENIKAMATI DAN MEMANFAATKAN SENJATA ANDA DENGAN ISTILAH TOLERANSI UNTUK MEMBODOHI MASYARAKAT MUSLIM....HATI-HATI PERISTIWA SURAKARTA AKAN TERULANG KARENA LELALAIAN ANDA / AHOK
14 Des, 2013 19:47
avatar
salah 1 contoh pemimpin negara kita yang mendukung masyarakatnya tidak mencantumkan identitas agamanya  pada KTP yang merupakan kartu identitas kita sebagai warga negara INDONESIA bukan ATM,tolong dipahami jangan asal memberikan pendapat yang membuat masyarakat GERAM.Anda aja mencantumkan struk GAJI masak identitas AGAMA tidak boleh,Pikirkan BUNG!!! Anda dipilih masyarakat Anda dipercaya dapat menjaga martabat masyarakat jangan sekarang diSEPELEKAN kayak gini.
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100