Republika Online
Updated: Sun, 06 Jan 2013 08:48:47 GMT

Aher Siapkan Seribu Ruang Pesantren



Aher Siapkan Seribu Ruang Pesantren

Aher Siapkan Seribu Ruang Pesantren

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Pemprov Jabar, memandang keberadaan Pondok pesantren sebagai institusi sangat strategis. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas SDM Jabar pada 2013 akan dibangun sebanyak 1.000 kobong (ruang pesantren). Kobong tersebut, akan dibagikan ke pondok pesantren se-Jabar.

“Secara bertahap akan dibangun 1.000 kobong dulu untuk tahun ini,'' ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher beberapa waktu lalu.

Menurut Aher, tahun berikutnya Pemprov Jabar akan menghitung lagi kebutuhan kobong. Karena, kebutuhan kobong di Jabar memang sangat besar dengan banyaknya jumlah pesantren yang ada di Jabar.


Aher menilai, pembangunan dunia pesantren di Jabar harus dimulai dengan melihat permasalahannya terlebih dahulu. Data awal dari Kanwil Kementerian Agama Jabar menunjukkan bahwa ada 6.000 pesantren di Jabar. Akan tetapi, ketika dilakukan kroscek dengan survey langsung ke lapangan akan berbagai persoalan yang dihadapi pesantren ditemukan temuan menarik, jumlah pesantren di Jabar ada 12.468.

“Ini jauh sekali perbedaannya,'' imbuh Aher.

Dari situlah, kata dia, Pemprov Jabar menyusun langkah-langkah yang perlu diambil dalam pembangunan pendidikan keagamaan di Jabar. Untuk madrasah sampai 2012 sudah di bangun 1.200 ruang kelas baru (RKB). '' Nah sekarang giliran ruang kelas untuk pesantrennya,” katanya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.420 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.607 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    944 respon

Total Respon: 9.971
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft