Mon, 12 Nov 2012 23:39:16 GMT | By http://www.merdeka.com/politik/pengakuan-blak-blakan-rhoma-soal-presiden-2014.html

Pengakuan blak-blakan Rhoma soal Presiden 2014

Wawancara eksklusif dengan Merdeka.com.


Rhoma Irama (© Merdeka)

Raja dangdut yang tak pernah lengser, Rhoma Irama menyatakan siap maju di Pilpres 2014 mendatang. Bang Haji, begitu Rhoma di sapa mengaku kehadirannya di bursa capres untuk memperbaiki bangsa ini yang semakin jauh dari nilai-nilai Pancasila.

"Karena Indonesia membutuhkan satu figur untuk mengatasi masalah-masalah bangsa, akhlak yang saat ini sendiri sudah jauh dari nilai-nilai Pancasila," ujar Bang Haji Rhoma Irama dalam sebuah wawancara dengan merdeka.com, Senin (12/11).

Berikut wawancara wartawan merdeka.com, Arbi Sumandoyo dengan Bang Haji Rhoma Irama melalui sambungan telepon.

Apa yang membuat Bang Haji mau dicapreskan?

Gini artinya, memang saya pernah didorong. Pernah 2004, saya tidak bersedia, 2009 saya dilamar Wapres saya tidak bersedia, untuk sekarang dorongan ulama kuat sekali, dorongan itu sangat kuat makanya kemarin saya menyatakan di Kwitang kesiapan saya untuk maju dalam 2014.

Sejak kapan rencana pencalonan 2014 ini diajukan oleh para ulama?

Secara langsung face to face, ataupun by phone, jadi hampir seluruh Indonesia yang mendukung saya. Itu semua ulama nasional, kemarin yang Kwitang menyatakan kesediaan. Pengajuan kesediaan sebagai capres ini sejak Pilkada DKI, ulama sendiri konfirmasi ke saya, dia bilang saya harus maju, karena Indonesia membutuhkan satu figur untuk mengatasi masalah-masalah bangsa, akhlak yang saat ini sendiri sudah jauh dari nilai-nilai Pancasila.

Strateginya apa untuk 2014 nanti Bang Haji?

Saya rasa begini saya tidak sama dengan Prabowo dan Ical. Buat saya menjadi pimpinan nasional, boleh dikatakan saya jadi pemimpin itu sejak lama. Setiap Idul Adha, Idhul Fitri, Jumatan saya sudah sering memberikan ceramah hampir di seluruh Indonesia. Saya sebetulnya pemimpin informal, bedanya informal, saya melaksanakan kepemimpinan informal melalui musik, seperti dalam Soneta memberikan melalui musik. Saat saya keliling Indonesia saya membangun karakter bangsa lewat musik dan ceramah.

Berapa jumlahnya ulama yang mendukung Bang Haji?

Saya kira jumlahnya jutaan yang menyatakan resmi. Setiap ormas Islam itukan jumlahnya banyak sekali, contoh wasiat ulama. Ormas Islam, jutaaan jumlahnya, ormas yang saya naungi Fahmi Tamami, itu sudah eksis di 28 Propinsi.

Harapannya Bang Haji sendiri jika terpilih?

Selama ini, saya menerapkan amar ma'ruf nahi mungkar, membawa kebaikan. Saya berharap Indonesia kembali kepada nilai-nilai Pancasila dan kembali pada akhlaknya.

Memang sejauh ini bagaimana Bang Haji melihat?

Kenyataan apa yang kita lihat seperti sekarang ini, tapi yang kita lihat sudah jauh dari komitmen Pancasila, nilai-nilai kemanusiaan, maraknya anarkisme antar bangsa, kita tidak menjadi bangsa yang santun. Kerusuhan, demokrasi yang tidak berakhlak, jadi kita sudah jauh dari nilai-nilai tersebut.

Nilai-nilai Pancasila, demokrasi yang berketuhanan, bukan perpecahan-perpecahan,

Sejauh ini apakah ada partai politik yang juga menyatakan dukungan?

Sampai sejauh ini belum ada dari partai, baru kalangan ulama. Memang ada beberapa kalangan politik yang mencoba, baru sampai kesediaan dukungan saja. Biarkan partai-partai menilai, dan ini yang harus saya buktikan. Kalau seorang kepala negara itu bukan seorang Superman, jadi tidak harus menguasai segala bidang, jadi visi, misi, serta tujuan yang harus dimiliki.

Bang Hajikan nantinya akan bersaing dengan beberapa calon yang diboncengi partai besar, bagaimana tanggapan Bang Haji?

Saya berkompetisi secara sehat. Kalau saya siap dengan para capres.

Untuk menghadapi 2014, apa strategi Bang Haji?

Masih terlalu dini, kalau sudah ada kendaraan yang kongkrit barulah saya mau bicara soal strategi. Untuk saat ini baru menjawab dorongan sebagian baru sampai tahap langkah itu menjawab kesediaan menjadi capres 2014.

Lalu apa saja program Bang Haji buat nyapres 2014?

Artinya kalau saya siap kalau saya siap, berarti saya punya program. Masih terlalu dini untuk membicarakan itu, yang jelas saya punya program untuk bangun bangsa ini ke arah lebih baik.

[hhw]

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.301 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.285 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    467 respon

Total Respon: 7.053
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft