Mon, 11 Feb 2013 19:13:57 GMT | By Merdeka

Paus Mundur Karena Uzur

Paus benediktus XVI, 85 tahun, mengundurkan diri lantaran tidak punya cukup daya untuk menjalani tugasnya hingga akhir hayat.


Paus Mundur (© Merdeka)

Paus benediktus XVI, 85 tahun, mengundurkan diri lantaran tidak punya cukup daya untuk menjalani tugasnya hingga akhir hayat. Masalah umur sudah tua membuat dia menyadari kapasitasnya tidak lagi memungkinkan untuk memimpin Vatikan.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Senin (11/2), juru bicara Vatikan mengatakan Paus asal Jerman ini berhenti menjabat per 28 Februari. Masalah pengunduran dirinya belum diketahui sepenuhnya tapi keputusan ini sangat tidak biasa mengingat jabatan dia baru tergantikan jika sudah meninggal.

Juru bicara pemerintahan Jerman mengatakan dia terharu mendengar keputusan Paus itu. Paus sebelumnya menjabat bernama Kardinal Joseph Ratzinger ini resmi menjadi pemimpin Vatikan di usia 78, pada April delapan tahun lalu menggantikan Paus Yohanes Paulus II.

Paus Benediktus XVI bukan satu-satunya mengundurkan diri dari jabatannya. Paus Gregory XII pernah melakukan hal sama enam abad lalu.

[din]

1Komentar
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.108 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.680 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    790 respon

Total Respon: 8.578
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft