okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 23 Apr 2013 03:05:28 GMT | By lkristin, okezone.com

"Susno Duadji Bukan Orang Biasa"



"Susno Duadji Bukan Orang Biasa"

JAKARTA - Sistem perekrutan calon anggota legislatif yang dilakukan oleh partai-partai politik untuk dimasukkan ke Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS), seolah menghalalkan segala cara untuk dapat memperoleh kemenangan pada Pemilu 2014 mendatang.

"Ya karena mindset rekrutmen yang salah itu diterus-teruskan. Seperti merekrut para pemodal, lalu orang yang populer," ujar pengamat politik senior LIPI Siti Zuhro di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2013).

Lebih dari itu, lanjut Siti, hal yang lebih mengkhawatirkan adalah saat partai poltrik merekrut pemodal dan orang populer, lalu pengusaha juga digandrungi karena memiliki jaringan yang luas dan modal kuat.

Menyinggung soal sosok Susno Duadji yang dicalonkan oleh Partai Bulan Bintang (PBB), Siti melihat ada motif lain selain jaringan Susno yang luas saat menjadi petinggi Polri.

"Bagaimanapun Pak Susno itu bukan orang biasa, dia punya background, dia juga bukan orang yang tidak patut dipromosikan oleh partai yang sedang mempromosikan. Tapi bagaimanapun, menurut saya apalagi ada pakar hukum di belakangnya, itu harus diluruskan dulu. Jadi, posisi Pak Susno betul-betul tidak terkontaminasi oleh pelanggaran hukum," terangnya.

Karena itu, apa yang terjadi saat ini menjadi pembelajaran penting bagi seluruh partai. "Jadi jangan ada partai yang memberikan justifikasi dan pembenaran jaminan dan sebagainya. Bahkan, proteksi baik secara politik maupun hukum itu akan menjadi blunder di negara kita. Jadi, percuma kita melakukan untuk penegakan hukum tapi disaat yang sama dibatalkan demi hukum," tegasnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    686 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    2.882 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    157 respon

Total Respon: 3.725
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft