okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 19 Apr 2013 05:10:05 GMT | By bahol, okezone.com

Siswi SMA Pemeran Video Pelecehan Salat Terancam Penjara 5 Tahun



Siswi SMA Pemeran Video Pelecehan Salat Terancam Penjara 5 Tahun

JAKARTA - Kelima siswi berseragam olahraga bertuliskan "SMA Negeri 2 Toli-Toli" yang memperagakan pelecehan gerakan salat yang beredar di situs Youtube, terancam hukuman lima tahun penjara.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Bidang Seni Budaya, A Cholil Ridwan, jika kelima siswi tersebut terbukti dengan sengaja melakukan gerakan pelecehan salat, maka kelimanya dapat disangkakan Pasal 156a sebagaimana diundangkan dalam Undang-Undang Nomor 5/PNPS/1969 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan Penodaan Agama.

"Itu harus diinvestigasi dulu, harus dipanggil, ditanyakan kenapa mereka melakukan itu. Tidak bisa mereka mempermainkan salat, mereka bisa dihukum pidana dengan dijerat Undang-Undang penistaan agama," ujar Cholil saat dihubungi Okezone, Kamis (18/4/2013).

Dikatakan Cholil, pihak MUI daerah sebaiknya langsung memanggil kepala sekolah kelima siswi tersebut untuk mencari tahu identitas dari kelima siswi tersebut. Selain dapat dikenakan pasal pidana, kelima pelajar SMA itu harus diberi peringatan keras dan harus bertaubat karena dinilai telah melakukan dosa besar.

"Mereka harus diberi peringatan, ini dosa besar, sama seperti melecehkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, mereka harus segera bertaubat," kata Cholil.

Sekedar diketahui, video yang diunggah oleh Muhammad Fadil beberapa waktu lalu itu menggambarkan lima siswi berbaris layaknya akan melakukan ibadah salat berjamaah.

Salah seorang siswi yang menjadi imam kemudian membacakan surat Alfatihah. Namun di tengah membaca surat tersebut, terdengar musik dari Marron 5 berjudul One More Night.

Bukannya meneruskan bacaan salat, sang imam justru bergoyang dan ikuti oleh siswi di belakangan. Saat musik berhenti, imam dan jamaah salat ini kembali ke barisan dan kembali meneruskan bacaan salat.

Aksi ini berlangsung hingga salat tersebut selesai. Hingga pukul 13.16 WIB, sebanyak 39.771 pengunjung Youtube telah melihat video tersebut. Komentar beragam pun diberikan pengunjung laman itu.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.555 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.057 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    391 respon

Total Respon: 6.003
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft