okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 28 Jan 2013 12:12:47 GMT | By tri, okezone.com

"Sipol & Sidalih Tidak Bisa Diterapkan Dalam Pemilu"



"Sipol & Sidalih Tidak Bisa Diterapkan Dalam Pemilu"

JAKARTA - Program Sistim Informasi Parpol (Sipol) dan Sistem Informasi Pendaftaran Pemilih (Sidalih) dinilai tidak layak untuk diterapkan dalam tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Sebab, kedua model tersebut tidak memiliki dasar hukum seperti yang sudah diatur oleh Undang-Undang nomor 8 Tahun 2012.

"Kita juga minta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mabes Polri melakukan penyidikan atau penyelidikan terkait aplikasi Sipol dan Sidalih yang dibiayai oleh International Foundation For Elektoral Systems (IFES). Sebab, kedua model itu diterapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tanpa memiliki dasar hukum," kata Ketua Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), Junisab Akbar dalam siaran persnya, Minggu, (27/1/2013).

KPK menurut Junisab, harus segera memeriksa mengapa model aplikasi Sipol dan Sidarli yang dibiayai oleh negara atau lembaga asing minimal tidak dengan pembiayaan APBN bisa direkomendasikan dua orang komisioner KPU diterapkan dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2014.

"Siapa Komisioner KPU yang menyimpangkan kewenangannya melanggar atau melakukan perbuatan melawan hukum terhadap Undang-Undang nomor 8 Tahun 2012," ujarnya.

Seperti di ketahui, KPU mulai kerjasama dengan IFES sejak 2004. IFES terlibat aktif dalam melakukan jajak pendapat, antara lain persepsi pemilih terhadap Pemilu 2004 yang dirilis pada 25 Februari 2003.

IFES juga ikut menentukan jumlah golput dalam partisipasi pemilih dan elektabilitas pasangan Capres 2004 yang dirilis pada 4 Agustus 2004 dan mendapat reaksi keras dari PDIP, karena dianggap tidak netral dan cenderung memihak.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.104 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.233 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    451 respon

Total Respon: 6.788
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft