okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 03 Jun 2013 11:38:54 GMT | By anton, okezone.com

Polri Dalami Kaitan Bom Bunuh Diri dengan Napi Teroris yang Kabur



Polri Dalami Kaitan Bom Bunuh Diri dengan Napi Teroris yang Kabur

JAKARTA - Polri masih mendalami apakah ada keterkaitan antara kaburnya narapidana kasus terorisme, Basri, yang melarikan diri dari Lapas Kelas II Ampana, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, dan aksi bom bunuh diri di Mapolres Poso.

"Kita tahu pada waktu lalu juga ada, tahanan di lapas yang melarikan diri. Apakah itu ada kaitannya dengan itu dan jaringan lainnya kami sedang dalami," jelas Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Suhardi Alius, kepada wartawan di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/6/2013).

Dia juga belum bisa memastikan apakah pelaku bom bunuh diri tersebut merupakan bagian dari jaringan teroris Solo.

"Kita jangan terlalu awal. Kita biarkan teman-teman bekerja di lokasi. Nanti dari temuan akan kami urai, apakah ada kaitan dengan tokoh-tokoh tersebut? Oleh karena itu, kami tidak bisa buru-buru dan bergerak dari fakta di lapangan," simpulnya.

Seperti diketahui, terpidana kasus terorisme, Basri alias Bagong alias Ayas, melarikan diri dari Lapas Kelas II Ampana, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, Jumat, 19 April 2013.

Basri melarikan diri setelah izin menengok istrinya yang sedang sakit. Saat itu, Basri hanya ditemani seorang petugas lapas.

Basri merupakan napi terorisme dalam kasus pembunuhan terhadap tiga siswi SMA di Poso pada 2005. Dia juga terlibat peledakan bom dan penembakan seorang kepala desa di Poso.

Setelah beberapa kali menjalani persidangan, Basri alias Bagong divonis penjara 19 tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Desember 2007.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    584 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.427 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    123 respon

Total Respon: 3.134
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft