okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 17 May 2013 09:24:43 GMT | By risna, okezone.com

Polda Kalbar Amankan 7 Wanita Belia Korban Perdagangan Orang



Polda Kalbar Amankan 7 Wanita Belia Korban Perdagangan Orang

PONTIANAK - Jajaran Polda Kalimantan Barat mengamankan tujuh wanita belia dan di bawah umur korban perdagangan orang serta menangkap seorang germo. Mereka ditangkap di salah satu hotel di Jalam Iman Bonjol, Pontianak Selatan pada Kamis, 15 Mei malam.

Kasubdit IV Polda Kalbar, AKBP Nowo Minarti, menjelaskan, penangkapan delapan orang tersebut berdasarkan laporan dari warga. "Kita mengatahui ada praktik perdagangan orang setelah mendapatkan informasi dari warga setempat. Jajaran kami langsung melakukan penangkapan pelaku," jelasnya di Pontianak, Jumat (17/5/2013).

Para korban perdagangan orang yang diamankan, sambungnya merupakan wanita belia berusia antara 17 hingga 21 tahun. Mereka adalah YY (21), YN (21), MG (17), JL (17), SN (21), DN (20), dan PN (22), serta seorang germo berinisial DL (45) yang biasa disapa Mami.

"Tujuh orang korban sudah kami serahkan ke dinas pemerintah terkait untuk dilakukan pembinaan. Sedangkan pelaku (Mami) dijerat UU Perdagangan Orang dan UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukum maksimal 15 tahun," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu korban YN mengaku baru pertama kali melakukan praktik prostitusi dengan alasan kebutuhan ekonomi. "Terpaksa melakukan semacam ini, karena sudah tuntutan ekonomi," ujar YN malu-malu.

Tiap melayani tamu dia mendapat Rp1 juta lalu membagi pendapatannya secara suka rela kepada Mami. Biasanya, Rp30 ribu hingga Rp50 ribu. "Saya pun harus ngasih juga sama Mami sekedar suka rela. Kadang-kadang kasih Rp50 ribu atau Rp30 ribu," katanya.

DL sendiri mengaku sudah lama menjalankan aksi prostitusi tersebut namun baru kali ini tertangkap. Perempuan yang dijajakannya rata-rata berusia belia yang sudah putus sekolah. "Kalau ada pesan banyak dari via telefon. Setelah itu barulah saya hubungi anak-anak (korban) sesuai dengan pesanan," pungkasnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.910 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.175 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    432 respon

Total Respon: 6.517
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft