okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 22 May 2013 12:33:18 GMT | By yudha, okezone.com

Penegak Hukum Simbol Lemahnya Hukum di Indonesia



Penegak Hukum Simbol Lemahnya Hukum di Indonesia

JAKARTA - Intelektual muda Indonesia, Anis Baswedan, menilai, kepercayaan publik pada penegakan hukum di Indonesia semakin memudar. Bahkan, penegak hukum di Indonesia menjadi simbol dari lemahnya hukum.

"Komponen Rule of Law di Indonesia mendekati bangkrut! Kepastian hukum tidak muncul, hukum untuk rasa keadilan tidak muncul. Parahnya, yang jadi penegak hukum itu malah jadi simbol lemahnya hukum," kata Anis di Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Anis mengungkapkan, di jaman demokrasi seperti sekarang ini yang ruang ekspresi begitu besar, seharusnya Rule of Law bisa menjadi pondasi yang kokoh untuk membangun demokrasi.

"Tapi pada kenyataannya, pondasinya ini tak ada, tidak ada kepastian hukum. Di Singapura ada kepastian hukum, tapi tak ada demokrasi. Di Indonesia, ada demokrasi, tetapi tidak ada kepastian hukum. Kalau orang suruh milih Indonesia atau Singapura, pasti akan memilih Singapura," tuturnya Anis.

Anis pun mengungkapkan, penangananan kasus perdata di Indonesia pun mengerikan sekali. Ketidakpastian bukan pada kasus korupsi, lanjut Anis, namun soal kepastian hukum.

"Ketidakpastian hukum ini merusak seluruh sektor. Bahkan, kekerasan hukum ini menjadi kekerasan 'sektorian', maka aparat ini menahan diri. Disni menjadi masalah fundamental karena ketiadaan rule of law," terangnya.

Rektor Universitas Paramadina ini menyarankan agar isu penegakan hukum mendapat perhatian dengan porsi yang lebih besar, dibandingkan isu sosial seperti kesejahteraan rakyat. Termasuk menjadi pertimbangan untuk pemilihan presiden mendatang.

"15 tahun terakhir, kepastian hukum tak mendapat perhatian, yang diperhatikan hanya masalah korupsi saja. Masyarakat harus bisa juga memilih pemimpin yang bisa membedakan private interest dengan public interest. Kalau dia memimpin untuk membesarkan grupnya, ini masalah. Pilih orang yang tidak punya bagage yang besar," tukasnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    678 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    2.840 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    152 respon

Total Respon: 3.670
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft