okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 08 Apr 2013 09:07:40 GMT | By tri, okezone.com

"Penegak Hukum Bukan Malaikat"



"Penegak Hukum Bukan Malaikat"

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar, Nudirman Munir menilai, pola pikir aparat penegak hukum saat ini masih seperti kolonial. Akibatnya, terjadi kesalahan dalam tugas menegakkan hukum.

"Mereka pakai Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) zaman Belanda, jadi rohnya masih Belanda. filosofinya Belanda itu selalu benar dan pribumi selalu salah," kata dia kepada Okezone, Senin (8/4/2013).

Padahal, menurutnya, selama penegak hukum manusia tentu bisa saja berbuat salah dalam bertindak. "Penegak hukum bukan malaikat yang tidak pernah salah. Mereka juga bisa berbuat salah," terangnya.

Kata dia, Pasal 27 Undang-Undang (UU) 1945 jelas menyatakan bahwa semua warga negara itu sama di depan hukum. Artinya, siapapun yang bersalah bisa diadili. Tapi, pada kenyataannya, menurut Nudirman, jika jaksa, hakim atau polisi menyalahi UU sangat sulit untuk dijerat hukum.

"Makanya mereka sewenang-wenang. Masyarakat tidak merasakan adanya keadilan dan penegakan hukum yang berpihak pada kepentingan rakyat," cetusnya.

Sebagai anggota komisi hukum, Nudirman mengaku masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, termasuk revisi pasal-pasal yang berpotensi terjadi kriminalisasi. "Pasal pencemaran nama baik itu harus diubah," tegasnya.

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyatakan sebanyak 56 persen responden tidak puas dengan penegakan hukum. Survei terhadap 1.200 responden itu digelar pada 1 hingga 4 April 2013 di 33 provinsi.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.280 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.279 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    464 respon

Total Respon: 7.023
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft