okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 07 Apr 2013 05:55:12 GMT | By bahol, okezone.com

Pelaku Kasus LP Cebongan Harus Dibawa ke Peradilan Militer



Pelaku Kasus LP Cebongan Harus Dibawa ke Peradilan Militer

JAKARTA _ Pro kontra terkait peradilan yang akan dijalani oleh sebelas pelaku penembakan Lembaga Permasyarakatan (LP) cebongan, ditanggapi berbeda oleh pakar hukum tata negara Margarito Kamis.

"Itu harus dibawa ke peradilan militer karena peradilan mana kasus itu harus di bawa, ditentukan oleh status pelaku, bukan korban. Karena pelakunya militer, maka peradilan yang berwenang mengadili sidang itu adalah peradilan militer," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (6/4/2013).

Alasan lain yang mengharuskan pelaku dibawa ke peradilan militer, lanjut Margarito, adalah persidangan militer tetap bisa disaksikan langsung oleh umum seperti kasus yang terjadi di Bandung beberapa waktu lalu.

"Itu yang sudah dipratekan peradilan militer pasca reformasi ini. Menurut saya, berdasarkan hukum yang saat ini berlaku, tidak ada alasan untuk membawa kasus peradilan ini ke peradilan sipil," tegasnya.

Selain itu, Margarito menekankan bahwa kredibiltas pengungkapan kasus ini diperadilan militer akan terwujud. Alasannya, karena hakim-hakim peradilan tentu mengerti dunia kemiliteran. "Ketiga hal itulah yang menurut saya, penyelesaikan kasus ini harus dibawa ke peradilan militer," tegasnya.

Seperti diketahui, Ketua Tim Investigasi Internal TNI AD Brigjen Unggul K Yudhoyono menyatakan, pelaku pembunuhan empat tahanan LP Kelas IIB Cebongan, adalah 11 oknum berasal dari Grup 2 Kopassus Kartasura.

Selain itu, Pihak TNI juga menegaskan, 11 pelaku itu akan disidang di pengadilan militer. Hal ini senada dengan pernyataan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Amir Syamsuddin. Menurut politisi Partai Demokrat itu, berdasarkan UU, oknum TNI pelaku penyerangan LP Cebongan akan diadili pengadilan militer.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    362 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.475 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    62 respon

Total Respon: 1.899
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft