okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 03 Oct 2013 10:20:04 GMT | By rizka, okezone.com

Meski Sudah Tersangka, Akil Mochtar Masih Jabat Ketua MK



Meski Sudah Tersangka, Akil Mochtar Masih Jabat Ketua MK

JAKARTA - Kendati sudah resmi menyandang status sebagai tersangka, Akil Mochtar hingga saat masih menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Akil sebelumnya diciduk dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tadi malam.

Wakil Ketua MK Hamdan Zolva mengatakan, surat pemberhentian Akil baru akan diajukan MK besok kepada Presiden. Nantinya, Presiden akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) untuk pemberhentian Akil.

"Besok, kami kan berikan surat pemberhentian sementara kepada presiden dan dalam waktu sekian hari, presiden, menurut UU akan memberikan SK pemberhentian sementara," kata Hamdan di Kantor MK, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

"Iya, iyalah (Akil masih Ketua MK). Masih (Ketua MK) karena belum diberhentikan. Tapi dengann SK presiden turun mudah-mudahan saya kira langsung non aktif," papar Hamdan di gedung MK, Jakarta, Kamis (3/10/2013) malam.

Selama menunggu SK presiden itu, Akil masih menjabat menjadi Ketua MK. Walaupun Akil tidak bekerja sebagai Ketua lantaran ditahan KPK, tugas Ketua MK akan dikerjakan oleh Wakil Ketua MK. "Tidak ada istilah Pjs (di MK), tidak ada ketua ya ada wakil ketua," katanya.

Hamdan menambahkan, setelah ada SK pemberhentian itu, baru ada pemilihan ketua MK yang baru. "Nanti sampai kita membicarakan pemilihan ketua," ujar Hamdan.

Selain dipecat dari jabatan Ketua, Hamdan memaparkan Akil juga bisa diberhentikan menjadi hakim Konstitusi. Hamdan menjelaskan, untuk pemberhentian hakim konstitusi ada dua cara. Pertama ketika adanya hakim konstitusi yang dihukum dan mempunyai hukum tetap seorang hakim konstitusi bisa diberhentikan.

"Tapi ada cara lain, melalui Majelis Kehormatan MK. Nah Majelis Kehormatan MK bisa lebih segera melakukan pemeriksaan dan bisa memutuskan untuk memberhentikan. Jadi ini proses yang bisa lebh cepat," jelas Akil.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.201 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.253 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    456 respon

Total Respon: 6.910
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft