okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 26 Mar 2013 05:49:05 GMT | By yugo, okezone.com

Mantan Presiden PKS Jadi Tersangka Pencucian Uang



Mantan Presiden PKS Jadi Tersangka Pencucian Uang

JAKARTA- Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq kembali ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kali ini lembaga pimpinan Abraham Samad itu menetapkan Luthfi sebagai tersangka terkait Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam kasus tersebut.

"Penyidik menduga ada upaya melakukan pencucian, atau menyembunyikan, menyamarkan, mengubah kepemilikan. Karena itu penyidik KPK menetapkan LHI sebagai tersangka terkait dengan dugaan TPPU," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di kantornya, Selasa (26/3/2013).

Luthfi diduga melanggar pasal 3 atau 4 atau 5 Undang-Undang (UU) no 8 tahun 2010 tentang pencegahgan dan pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, juncto pasal 5 ayat ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

"Dari penanganan kasus suap dalam kaitan pengurusan impor daging sapi di Kementerian Pertanian penyidik menemukan ada dugaan terjadinya TPPU, yang selain oleh AF diduga juga dilakukan LHI," tegas Johan.

Untuk saat ini KPK masih melakukan pengejaran terhadap aset-aset Luthfi. Sebelumnya KPK telah menetapkan Luthfi dan koleganya, Ahmad Fathanah sebagai tersangka penerima suap Rp 1 miliar dari dua petinggi PT Indoguna Utama, Juard effendy dan Arya Abdi Effendy.

Dua petinggi ini juga telah berstatus tersangka pemberi suap. Diduga total suap yang bakal diterima Luthfi senilai Rp40 miliar.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.568 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.058 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    391 respon

Total Respon: 6.017
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft