okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 28 Feb 2013 03:41:06 GMT | By rizka, okezone.com

Mabes Polri Janji Tindaklanjuti Pelanggaran HAM oleh Densus 88



Mabes Polri Janji Tindaklanjuti Pelanggaran HAM oleh Densus 88

JAKARTA - Mabes Polri melalui Karo Penmas Brigjen Pol Boy Rafli Amar berjanji akan menindaklanjuti laporan sejumlah ormas Islam terkait dugaan pelanggaran HAM yang diduga dilakukan oleh anggota Densus 88 Antiteror terhadap terduga teroris.

"Jadi kepastian dari gambar (video) itu akan dilakukan penelitan lebih lanjut oleh Polri. Tadi, Kapolri dan Kabareskrim dalam pertemuan itu, nanti ikut untuk menelusuri lebih jauh," ujarnya kepada wartawan saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2013).

Dalam bukti video yang diserahkan oleh sejumlah ormas Islam itu, Boy menduga ada kaitannya dengan laporan Komnas HAM terkait pelanggaran HAM yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

"Kalau sama dengan setelah terjadinya penembakan anggota brimob, kalau memang terkait itu sudah dilakukan pemeriksaan. Ada sembilan orang masyarakat diperiksa dan masih ada lima orang yang belum datang untuk diperiksa oleh Propam," imbuh Boy.

Dari pemeriksaan itu, sambung Boy, tim Mabes Polri sudah mengantongi 18 nama anggota polisi yang terdaftar sebagai anggota Polda Metro Sulawesi Tengah. "Informasinya akan dilakukan sidang, kemungkinan dilakukan di bulan Maret," tukasnya.

Sebelumnya, sejumlah ormas Islam yang terdiri dari NU, MUI, PP Muhamadiyah, Dewan Dakwah, Persis, dan DIII, serta lainnya melaporkan dugaan pelanggaran HAM yang diduga dilakukan oleh anggota Densus 88. Sejumlah ormas Islam itu melapor dengan disertai rekaman video adegan kekerasan yang dilakukan terhadap terduga teroris.

1Komentar
1 Mar, 2013 09:27
avatar
Biarin aja, pak Polisi..
masak sampeyan sbg penegak hukum kalah kuat dibanding pendukung terorisme?

kalo Densus 88 kalah kuat daripada terorisnya, pd akhirnya teroris lah yang membasmi Densus 88..
pasti ada balas dendam dan Indonesia akan makin kacau.. mohon dipertimbangkan..
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    687 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    2.886 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    157 respon

Total Respon: 3.730
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft