okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 01 Jul 2012 10:25:33 GMT | By dede.suryana, okezone.com

KPK Ingin Pindah karena Gedung Lama Disadap?



KPK Ingin Pindah karena Gedung Lama Disadap?

JAKARTA - Penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abdullah Hehamahua membenarkan bahwa di Gedung KPK memiliki alat sadap. Namun demikian tidak berarti gedung antikorupsi bebas dari penyadapan.

Dari informasi yang dihimpun dari sumber Okezone, selain karena over capacity alasan KPK ingin segera pindah dari gedung lama lantaran ada pihak lain yang mencoba menyadap segala aktivitas penyelidikan maupun penyidikan di gedung tersebut.

Saat hal tersebut dikonfirmasi, Abdullah mengaku tidak mengetahinya. "Enggak tahu saya," katanya kepada Okezone melalu telepon, Minggu (1/7/2012).

Kendati demikian, Abdullah mengamini kemungkinan KPK dapat dideteksi oleh pihak lain. "Ya (bisa disadap) bisa saja kalau mereka punya alat yang lebih canggih dari KPK," ujar dia.

Abdullah juga mengatakan tidak mungkin gedung KPK lama direnovasi karena gedung memiliki alat sadap yang dirancang khusus.

"KPK adalah lembaga negara yang punya kewenangan khusus, yaitu penyadapan sehingga harus didesain khusus. Jadi kalau renovasi, waktunya lebih lama dibanding dengan bangun baru, biayanyapun hampir sama," kata Abdullah. Sejak 2008, sambungnya, sudah mau ditambah beberapa lantai, namun fondasi gedung itu hanya memungkinkan delapan tingkat.

"Gedung itu kapasitasnya untuk 350 orang sedangkan pegawai KPK sekarang 904 orang, 700 orang di gedung yang sekarang, 99 orang di gedung Upindo dan 115 orang di gedung BUMN," terangnya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.293 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.214 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    887 respon

Total Respon: 9.394
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft