okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 10 May 2013 09:47:36 GMT | By lkristin, okezone.com

Koruptor Bebas Keluar Rutan? Ah, Sudah Rahasia Umum



Koruptor Bebas Keluar Rutan? Ah, Sudah Rahasia Umum

JAKARTA - Pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad yang mengatakan bahwa para narapidana koruptor bisa secara leluasa keluar masuk rumah tahanan (rutan), ternyata bukanlah hal baru. Pasalnya, praktik keluar masuk rutan itu telah berjalan sejak lama.

"Ini sudah menjadi rahasia umum dan KPK pun juga sudah lama mengetahuinya," kata anggota Komisi III dari Fraksi Partai Gerindra Martin Hutabarat, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (10/5/2013).

Meskipun para pejabat tinggi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhukam) belum tentu terlibat dalam pemberian izin keluar narapidana korupsi tersebut, namun menurut Martin kebijakan yang mudah memberi izin di level bawah petugas Kemenkumham menjadi pertanyaan tersendiri.

Untuk mencegah praktik serupa terjadi, Martin mengusulkan agar sebaiknya Kemenhum HAM melibatkan KPK atau membuat kerjasama dengan KPK dalam pengawasan terhadap para tahanan koruptor di Lapas, misal di Rutan khusus koruptor yang baru yang dipusatkan di Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

"Kemudian dicoba suatu saat, mantan pimpinan atau pejabat di KPK ditempatkan menjadi pejabat di Kemenkum HAM yang ikut mengatur lembaga pemasyarakatan," sambung Martin.

Korupsi ini benar-benar kejahatan luar biasa, yang harus diberantas oleh semua institusi penegak hukum yang ada di Indonesia dengan melakukan sinergisitas yang baik. "Salah besar kalau tugas ini hanya diserahkan pada KPK saja tanpa dukungan dari institusi-institusi lain," pungkasnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.416 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.464 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    343 respon

Total Respon: 8.223
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft