okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 13 May 2013 12:23:27 GMT | By yudha, okezone.com

Komisi III: Kisruh PKS-KPK Bisa Diuji



Komisi III: Kisruh PKS-KPK Bisa Diuji

JAKARTA - Ketua Komisi III DPR RI Gede Pasek Suardika menjelaskan, pada prinsipnya penegakan hukum tidak dilakukan secara hura-hura dan huru-hara.

Hal ini dilontarkan dalam menanggapi kisruh yang terjadi antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), saat penyitaan mobil tersangka Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) dalam kasus pengadaan kuota impor daging.

"Jadi prinsipnya penegakkan hukum tak dilakukan dengan hura-hura atau huru hara. Tapi bertujuan ketertiban keamanan dan penegakan hukum. Kasus sita-menyita diatur dalam hukum formil. Silakan saja diuji. Lebih baik dilakukan proses hukum dari pada di luar itu," ujar Pasek kepada wartawan di DPR, Jakarta, Senin (13/5/2013).

PKS sendiri dalam penyitaan saat itu berdalih, KPK tidak membawa surat perintah penyitaan. Meski demikian, Pasek belum tahu duduk perkaranya. Karena itu, perlu pembuktian siapa yang benar.

"Saya belum tahu. Biarkan proses hukum yang buktikan. Mana yang benar, itu masih ada di tataran silat lidah. Nanti saja dilihat bukti saja. Biarkan teruji secara proses, masing-masing kan ada saksi," kata Pasek.

Dia menjelaskan, tidak ada orang kebal dalam hukum. Semua harus sesuai dengan mekanisme yang benar-benar berlaku. "Ada lex spesialisnya, tapi prinsipnya semua harus tunduk. Karena harus menegakkan cara-cara yang diatur," jelasnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.270 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.275 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    462 respon

Total Respon: 7.007
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft