okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 11 Apr 2012 19:17:35 GMT | By insaf, okezone.com

Ketua DPR Yakin Voting RUU Pemilu Tak Ricuh



Ketua DPR Yakin Voting RUU Pemilu Tak Ricuh

JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie yakin voting mengenai Rancangan Undang-Undang Pemilu tidak akan sealot voting kenaikan harga Bahan Bakar Minyak beberapa waktu lalu. Dia optimistis fraksi-fraksi di DPR akan mencapai kata sepakat karena RUU ini menyangkut kepentingan mereka sendiri.

"Kalau pun voting tidak seperti APBNP, tidak ribut-ribut begitu. Karena kepentingan partai masing-masing sama," ujarnya saat dihubungi wartawan di DPR, Jakarta, Selasa (10/04/2012).

Marzuki menjelaskan, voting mengenai kenaikan harga BBM sangat keras karena menentukan hidup matinya pemerintahan. "Bedalah yang RUU besok. Karena kalau menyangkut kepentingan partai itu kompak. Jadi, enggak ada ribut-ribut," katanya.

Secara terpisah, Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu Arif Wibowo berjanji akan menuntaskan RUU tersebut paling lambat Kamis 12 April besok. Seperti diberitakan, saat ini masih ada 4 poin krusial yang belum disepakati secara bulat oleh fraksi-fraksi, yakni ambang batas parlemen, sistem pemilu, alokasi kursi per dapil dan metode penghitungan suara menjadi kursi.

"Ini adalah hasil maksimal yang bisa dicapai dalam rapat kerja Pansus. Kami akan menyelesaikan paling lambat hari Kamis," ujarnya.

Selain substansi RUU, fraksi-fraksi juga terbelah dua mengenai mekanisme voting. Kubu pertama ingin voting dilakukan per isu, sedangkan kubu lainnya ingin voting dilakukan dalam sistem satu paket.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.393 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.313 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    334 respon

Total Respon: 8.040
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft