okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 15 Jun 2012 19:51:24 GMT | By dede.suryana, okezone.com

Kekerasan di Papua Masih karena Kesenjangan



Kekerasan di Papua Masih karena Kesenjangan

JAKARTA - Otonomi khusus yang diberikan pemerintah pusat belum banyak memberikan perubahan bagi masyarakat Papua. Warga pulau paling timur Indonesia ini pun masih terdiskriminasi dan termarjinalkan dalam bidang pendidikan.

Pengangguran dan jumlah warga yang terjangkit virus HIV AIDS, juga mengalami peningkatan. Hal ini pula yang dinilai menyebabkan masih banyaknya gejolak di Papua.

Demikian disampaikan Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Lautahrihari, Jakarta, Jumat (15/6/2012). "Situasi seperti itu yang melatarbelakangi kekerasan yang terjadi di Papua," terangnya.

Ifdhal menjelaskan, infrastruktur di Papua menjadi barang mahal, sehingga menimbulkan semangat kedaerahan cukup tinggi di Papua. "Dengan dasar seperti ini, pemerintah tidak boleh bereaksi dengan cara keras," sambungnya.

Pemerintah, kata dia, harus melakukan pendekatan kebijakan pada akses pendidikan dan ekonomi. Selain itu juga memberikan penghargaan secara bermartabat. "Tudingan bahwa aksi warga Papua merupakan tindak sparatis, ini justru akan membangkitkan perlawanan dari mereka," ujarnya.

Kekerasan di Papua, kata dia, harus diubah framenya. "Kalau masih sama dengan cara Orde Baru, ini tidak akan berakhir," pungkasnya.

Komnas HAM mencatat rentetan peristiwa kekerasan yang terjadi di Papua antara lain, penembakan di wilayah Puncak Jaya, penembakan di Timika, kekerasan pada Kongres Rakyat Papua III dan penembakan pesawat Trigana.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.293 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.214 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    887 respon

Total Respon: 9.394
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft