okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 02 Sep 2013 01:36:06 GMT | By yudha, okezone.com

Kasus SKK Migas, Sekjend ESDM Punya Harta Lebih dari 41 Miliar



Kasus SKK Migas, Sekjend ESDM Punya Harta Lebih dari 41 Miliar

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Waryono Karno, diam-diam memiliki harta kekayaan yang luar biasa. Pria yang kini masuk dalam daftar larangan terbang ke luar negeri ini, memiliki harta berjumlah Rp41,9 miliar dan 22.482 Dollar Amerika, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) versi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per-16 Juni 2011.

Waryono Karno diduga turut terlibat dalam kasus dugaan suap dari PT Kernell Oil Pte Ltd Indonesia, Simon Gunawan Tanjaya, kepada mantan Ketua Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), Rudi Rubiandini.

Dari kantornya, KPK berhasil menyita uang 200 ribu Dollar Amerika yang diduga masih berhubungan dengan duit 700 ribu Dollar Amerika yang diterima Rudi.

Berdasarkan LHKPN yang diterima Okezone, harta kekayaan Waryono sendiri meliputi dari harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, dan giro. Dari harta tidak bergerak yang meliputi tanah dan bangunan, Waryono berhasil menghimpun kekayaan mencapai lebih dari Rp37 miliar.

Perinciannya, antara lain, tanah seluas 300 meter persegi di Kabupaten Tegal, tanah dan bangunan seluas 290 meter persegi dan 110 meter persegi di Jakarta Barat, tanah seluas 90 meter persegi di Tangerang Selatan, tanah seluas 1600 meter persegi di Brebes. Total perincian, ada 212 item tanah dan bangunan milik Waryono yang tersebar di penjuru daerah.

Dari harta bergerak, Waryono berhasil menghimpun kekayaan Rp115 juta dari kepemilikan mobil Honda Accord 2002 dan usaha antara lain, dari peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian dan pertambangan dengan jumlah Rp477.840.000.

Kekayaan ini meliputi 11000 ekor lele dari tahun 1988, 3500 pohon dendrium, 3000 pohon pedang-pedangan, 2 hektar lahan ketimun, 2 hektar lahan kacang panjang, dan1000 pohon tanaman keras. Adapun dari harta bergerak lainnya, Waryono menghimpun Rp439.622.500 dengan perincian kepemilikan logam mulia dan benda bergerak lainnya.

Dari kekayaan surat berharga, Waryono menghimpun kekayaan Rp500.240. Sedangkan dari Giro, ia menghimpun uang Rp3.160.933.218 dan 22.482 Dollar Amerika. Waryono sama sekali tidak punya piutang dan hutang dalam laporan hasil kekayaan tersebut.

Dalam kasus ini, KPK menangkap Ketua SKK Migas, Rudi Rubiandini, dan menetapkannya sebagai tersangka penerima suap 400 Dollar Amerika. Rudi diduga menerima uang dari Simon Gunawan Tanjaya selaku Komisaris PT Kernell Oil Indonesia terkait pengurusan Migas di SKK Migas, melalui pelatih golf pribadinya, Deviardi. Simon dan Deviardi juga sudah ditetapkan sebafai tersangka.

Namun, belakangan kasus ini seperti dilokalisir hanya sampai di Ardi. PT Kernell Oil misalnya, membantah sebagai pihak penyuap Rudi dan menyatakan bahwa uang 700 Dollar Amerika yang diterima Guru Besar ITB itu adalah uang titipan Ardi. Padahal, berhembus kabar bahwa kasus ini menyasar ke Menteri ESDM, Jero Wacik, dan Partai Demokrat.

Sebelum mencegah Waryono, KPK juga sudah mencegah lima saksi. Mereka adalah Febri Setiadi selaku swasta, Kepala Divisi Komersil Minyak SKK Migas Agoes Sapto Rahardjo, Kadiv Penunjang Operasi SKK Migas Iwan Ratman, dan Kadiv Komersialisasi Gas Bidang Pengendalian Komersil SKK Migas Popi Ahmad Nafis. Selain itu, ada juga yang dicegah bersamaan dengan Agoes dan kawan-kawan yakni, Artha Meris Simbolon, Presiden Direktur PT Parna Raya Grup. SKK Migas sendiri telah membebastugaskan ketiga pejabatnya yang dicegah KPK itu.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.970 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.263 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    738 respon

Total Respon: 7.971
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft