okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 29 Nov 2013 07:08:44 GMT | By bahol, okezone.com

Kasus Dokter Ayu, Pemerintah Harus Terbitkan Aturan Soal Dokter-Pasien



Kasus Dokter Ayu, Pemerintah Harus Terbitkan Aturan Soal Dokter-Pasien

JAKARTA - Kasus dokter Ayu diharapkan menjadi kasus terakhir yang menimpa dokter dalam kasus hukum dugaan malpraktik.

Anggota Komisi IX Indra menyatakan, dengan adanya kasus ini pemerintah bisa membuat aturan tentang perlindungan dokter dalam melaksanakan tugas kemedisannya dan hak dari seorang pasien untuk mendapatkan informasi yang seutuhnya.

"Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan, misalnya bisa dibuatkan semacam Peraturan Menteri (Permen) dan sejenisnya," kata Indra saat dihubungi Okezone, Kamis (28/11/2013) malam.

Aturan ini, sambungnya, supaya ada kejelasan apa yang harus diketahui oleh pasien supaya tidak ada keraguan dari pasien yang berujung terhadap pemidanaan.

"Supaya ada hak pasien dan perlindungan terhadap dokter, sehingga saling ada kejelasan, ada aturan pasien yang harus mendapatkan informasi utuh dalam pelayanan kesehatan yang sesuai prosedur dan etika, supaya tidak ada asal ancam kepada dokter dalam melaksanakan profesinya," jelas dia.

Selain itu, dia juga berharap adanya payung hukum untuk dokter dalam setiap kali melakukan tindakan medis. Sebab, menurut Indra, dokter hanya berusaha untuk menyembuhkan seorang pasien.

"Dokter wajib dapatkan jaminan hukum dalam jalankan profesi sesuai prosedur dan etika, lantas diberikan sanksi jika memang melanggarnya. Ajal, panjang dan mati itu yang atur Allah, dokter hanya instrument untuk ikhtiar kalau mereka sudah usaha," katanya.

Dia menekankan, aturan inilah yang nantinya harus seimbang antara profesionalisme dokter dalam menjalankan tugas kemedisannya dan hak pasien untuk tahu secara utuh apa yang dialaminya. "Kedaulatan dokter berbanding lurus dengan hak pasien," ujar politikus PKS ini.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.102 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.232 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    451 respon

Total Respon: 6.785
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft