okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 29 Jan 2013 12:51:59 GMT | By m.syaifullah, okezone.com

Inilah Peran Wakil Menteri Agama di Proyek Alquran



Inilah Peran Wakil Menteri Agama di Proyek Alquran

JAKARTA - Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar diduga ikut berperan dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Alquran dan Laboratorium Komputer di Kementerian Agama.

Dalam dakwaan terdakwa Zulkarnaen Djabar dan Direktur PT Karya Sinergi Alam Indonesia, Dendy Prasetya, disebutkan bahwa Nasaruddin yang kala itu menjabat Direktur Jenderal Pembinaan Masyarakat Islam Kementerian Agama itu dihubungi Zulkarnaen untuk menggeser posisi PT A3I menjadi urutan pertama dalam daftar pemenang lelang.

Dendi beralasan, perusahaan percetakan di posisi pertama adalah milik orang Nasrani. "Zulkarnaen lalu menghubungi Nasaruddin dan mengatakan PT A3I ada di urutan dua. Tetapi, Nasaruddin meminta Zulkarnaen berbicara langsung kepada kepala Unit Layanan Pengadaan Ditjen Bimas Islam, Mashuri," kata Jaksa Zakkil Fikri, dalam amar dakwaan yang dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan.

Nasaruddin, sambung Jaksa, juga meminta orang suruhan Zulkarnaen, Fahd El Fouz, bertemu Mashuri. Zulkarnaen, lanjut Jaksa juga meminta Nasaruddin mendesak Mashuri mengubah posisi pemenang lelang, "Dan Nasaruddin mengatakan, 'iya," ungkap Jaksa.

Dalam kasus ini, Zulkarnaen Djabar, terbukti bersalah dalam proyek pengadaan Alquran dan Laboratorium Komputer di Kementerian Agama. Jaksa mengatakan Zulkarnaen bersama Dendy Prasetya Zulkarnen Putra dan Fahd El-Fouz terbukti menerima Rp Rp.14.390.000.000 yang diduga berasal dari dua proyek tersebut.

Jaksa mendakwa Zulkarnaen Djabar dan Dendy Prasetya telah melanggar pasal 11 jo pasal 18. UU No.31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No.20 Tahun 2001 ,serta pasal 55 ayat 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP. Selain itu Jaksa juga menyatakan bahwa Zulkarnain dan Dendy terbukti melanggar pasal 5 angka 4 UU RI No.28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan negara.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.888 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.159 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    429 respon

Total Respon: 6.476
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft