okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 17 Mar 2013 01:40:33 GMT | By m.syaifullah, okezone.com

Ical-Jokowi, Pasangan Terkuat Pilpres 2014



Ical-Jokowi, Pasangan Terkuat Pilpres 2014

JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksi Partai Golkar akan keluar sebagai pemenang Pemilu 2014 dengan perolehan suara mencapai 22,2 persen. Dengan perolehan suara tersebut, Golkar dapat menentukan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dengan lebih leluasa.

Berdasarkan survei nasional yang dilakukan LSI pada 1 sampai dengan 8 Maret 2013, Golkar yang sudah mengusung Ketua Umum Aburizal Bakrie (Ical) sebagai capres akan memilih Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) sebagai cawapresnya. Alasannya, Jokowi dinilai sebagai tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi dan populer.

"Pasangan Aburizal Bakrie dengan Joko Widodo memperoleh dukungan 36,0 persen mengalahkan pasangan lainnya," kata Peneliti LSI, Adjie Alfaraby, dalam konfrensi pers bertajuk Krisis Capres dan Cawapres Partai Islam. Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres Terkuat Pemilu 2014 di Kantor LSI Rawamangun, Jakarta, Minggu (17/3/2013).

Adjie mengungkapkan, selain pasangan Ical dengan Jokowi, muncul pasangan Megawati Soekarnoputri dengan Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa. Keduanya memperoleh dukungan di bawah Ical dan Jokowi yakin 22,9 persen dan 10,1 persen.

"Pasangan Aburizal Bakrie dan Jokowi memperoleh dukungan teratas karena hanya pasangan ini yang merupakan wajah baru," tuturnya.

Adjie melanjutkan bahwa pasangan lainnya, kecuali Hatta Rajasa adalah alumni Pilpres 2009. Pasangan yang lebih fresh, lanjutnya, akan mengalahkan pasangan alumni pemilu sebelumnya. "Aburizal dan Jokowi dapat mengisi perimbangan kekuatan pemilih etnis Jawa-Non Jawa," ucapnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    306 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.241 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    46 respon

Total Respon: 1.593
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft