okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2014, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 07 Feb 2014 10:39:07 GMT | By dhani, okezone.com

Fenomena Air Laut Banten Surut Sejauh 500 Meter



Fenomena Air Laut Banten Surut Sejauh 500 Meter

SERANG - Air laut di bibir Pantai Karang Antu, Kota Serang, Banten, surut sejauh 500 meter pada dua hari terakhir. Penyebab fenomena alam ini masih mengundang tanya, dan BMKG Kelas I Serang masih melakukan penelitian.

Hasil analisis sementara yang dilakukan BMKG, penyebab surutnya air laut itu dikarenakan adanya gaya tarik bulan. BMKG juga berkoordinasi dengan pihak lain, untuk mencari tau penyebab pasti surutnya air laut secara tiba-tiba tersebut.

"Kami masih melakukan pemantauan untuk mengetahui penyebab pastinya," ujar Kepala Informasi BMKG Serang, Tri Tjahjo di Serang, Jumat (7/2/2014).

Pihaknya mengaku butuh waktu untuk memastikan penyebab surutnya air laut. Penelitian yang dilakukan juga untuk memastikan kondisi sekitar pantai aman, termasuk kemungkinan terjadinya tsunami. Ini mengingat, air laut sempat surut saat Aceh dilanda tsunami pada 2004 silam.

Sementara itu, fenomena menyurutnya air laut menghebohkan warga, karena tidak pernah terjadi sebelumnya. Warga khawatir itu tanda-tanda akan terjadinya bencana. "Surutnya sudah dua hari lalu, sekarang airnya sudah normal kembali," ujar Abi, warga setempat.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    689 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    2.894 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    157 respon

Total Respon: 3.740
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft