okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 14 May 2013 11:03:59 GMT | By taufik.budi, okezone.com

Eks Asisten I Pemkab Tapsel Jadi Saksi di Sidang Rahudman



Eks Asisten I Pemkab Tapsel Jadi Saksi di Sidang Rahudman

MEDAN - Mantan Sekretaris Daerah Tapanuli Selatan (Tapsel), Rahudman Harahap, menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Medan.

Pria yang kini menjabat Wali Kota Medan itu diduga terlibat tindak pidana korupsi Tunjangan Penghasilan Aparatur Desa (TPAPD) Kabupaten Tapsel 2005, sehingga merugikan negara sebesar Rp1,5 miliar.

Sidang kedua dengan agenda mendengarkan keterangan saksi itu dipimpin oleh hakim ketua Sugianto, dan hakim anggota SB Hutagalung serta Jauhari. Sementara jaksa penuntut umum (JPU) yakni Polim Siregar, Dwi Aries Sudarto, Albet Punyaribuan, Marcos Simare-mare dan Sapta.

"Hari ini kami menghadirkan tiga orang saksi di persidangan dari 25 saksi yang ada," kata Dwi Aries Sudarto kepada majelis hakim, Selasa (14/5/2013).

Berdasarkan pantauan Okezone, terdakwa Rahudman Harahap tiba di pengadilan sekira pukul 09.20 WIB mengendarai mobil Fortuner. Sidang yang digelar di ruang utama itu dibuka 20 menit setelah kedatangan terdakwa.

Saksi pertama yang didengarkan keterangannya adalah mantan Asisten I Pemkab Tapsel, Jun Harahap. Dalam keterangannya, saksi berbelit-belit dan mengaku tidak tahu sehingga beberapa pengunjung persidangan tertawa.

"Apakah Bapak tahu kenapa dihadirkan dalam sidang ini," tanya salah satu jaksa kepada saksi.

"Ya, saya tahu, persidangan ini digelar atas kasus TPAPD dengan terdakwa Rahudman Harahap mantan Sekda Tapsel," jawab saksi.

"Siapa yang bertanggung jawab terhadap keuangan Pemkab Tapsel, apakah bendahara umum atau biro keuangan," kembali tanya jaksa.

"Saya tidak tahu," ucap saksi kepada jaksa.

"Bapak tidak tahu? Bapak kan asisten I, kok nggak tahu," tukas jaksa.

Dalam kasus ini, terdakwa dijerat Pasal 2 ayat (1) junto 3 junto 9, UU RI Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat (1) KUHP.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.448 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.558 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    346 respon

Total Respon: 8.352
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft