okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 23 Aug 2013 12:41:34 GMT | By risna, okezone.com

Dianggap 'Penghuni' Rawa, Sebagian Warga Tolak Buaya Ini Ditangkap



Dianggap 'Penghuni' Rawa, Sebagian Warga Tolak Buaya Ini Ditangkap

BANDA ACEH - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA menurunkan tim khusus untuk menangkap buaya di rawa Ujong Pancu, Gampong Lampague, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Namun sebagian warga menolak, karena binatang itu dinilai 'penghuni' rawa yang tak perlu diganggu.

Kepala BKSDA Aceh, Amon Zamora mengatakan, pro-kontra terjadi di kalangan warga. Sebelumnya ada yang meminta buaya itu itu segera ditangkap karena dianggap membahayakan, namun ada juga yang melarangnya. "Sebagian warga menolak buaya ditangkap, karena dianggap sebagai penghuni rawa," katanya kepada Okezone, Jumat (23/8/2013).

Menurutnya, petugas BKSDA sejak pagi sudah datang ke lokasi dengan membawa perangkap. Ada dua ekor buaya yang sering terlihat di rawa ini, satu bertubuh besar, satu lagi lebih kecil.

Di lokasi rawa sebagian warga melarang penangkapan, karena mereka khawatir bila buaya ini terganggu bisa berakibat buruk. "Akhirnya tim kita kembali ke kantor dengan membawa kembali kerengkeng," ujar Amon.

Keusyik (Kepala Desa) Lampague meminta waktu kepada BKSDA selama dua hari untuk menggelar rapat dengan warga terkait keberadaan buaya di rawa. Rapat untuk menyatukan suara apakah buaya ini ditangkap atau dibiarkan. "Apabila hasil rapat nanti meminta ditangkap, kami akan tangkap," sebutnya.

Amon menegaskan pihaknya tak bertanggungjawab bila terjadi sesuatu di lokasi rawa itu, menyusul penolakan warga terhadap upaya penangkapan. "Kami sudah dibilang kepada keusyiknya tidak mau bertanggungjawab bila terjadi apa-apa," tukasnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    793 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.379 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    176 respon

Total Respon: 4.348
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft