okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 06 Oct 2013 11:52:12 GMT | By catur.nugroho, okezone.com

Calo Perkara di MK Sulit Dibuktikan



Calo Perkara di MK Sulit Dibuktikan

JAKARTA - Suap di tubuh Mahkamah Kosntitusi (MK) diduga sudah berlangsung sejak lama. Pengacara yang sudah mengawal 20 kasus di MK, Taufik Basari menduga aksi itu sudah terjadi sejak kepemimpinan Mahfud MD.

Dia mengakui, dugaan itu sangat sulit dibuktikan. Tertangkapnya, Ketua MK, Akil Mochtar seakan jadi pembenaran adanya hakim konstitusi yang bermain dengan uang.

"Penangkapan Pak Akil adalah cerita lama yang terkonfirmasi. Karena sudah beredar sejak lama tapi tidak bisa dibuktikan," kata Taufik, di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2013).

Dia bercerita, saat menggugat hasil Pilkada Tulang Bawang, Lampung, Taufik mengklaim memiliki data-data yang sangat lengkap, ditambah keterangan saksi-saksi. Saat itu, klienya yakin menang.

Namun faktanya, saat putusan oleh MK, sengketa Pilkada yang ditanganinya itu kalah di persidangan.

"Ada perkara yang janggal, saat Pemilukada Tulang Bawang. Karena ada beberapa isu yang beredar menjelang putusan. Proses persidangan kami leading, semua fakta terungkap. Hampir tidak ada perlawanan. Tapi Semua kaget saat pustusan kami kalah," ucapnya

"Saat itu MK dipimpin Mahfud. Tapi dalam sidangnya Akil yang memimpin," imbuhnya.

Isu suap dalam persidangan MK, lanjutnya, muncul dari tim sukses para calon kepala daerah yang dia tangani. Tetapi isu suap itu tidak bisa mereka buktikan.

"Kasus Tulang Bawang ini tidak bisa terbantahkan, saat itu isu yang beredarnya, bahwa ada dua versi putusan hingga malam sebelum putusan itu. Dua versi ini menunggu bayarannya. Jadi putusan yang memenangkan harus ada uangnya. Tapi saya tidak bisa memberikan bukti isu tersebut," tandasnya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.304 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.242 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    890 respon

Total Respon: 9.436
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft