okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 10 Jun 2013 12:44:13 GMT | By bahol, okezone.com

Cak Imin: Berita Kerusuhan di Jeddah Dilebih-lebihkan



Cak Imin: Berita Kerusuhan di Jeddah Dilebih-lebihkan

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar mengatakan, kerusuhan yang terjadi di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi, merupakan imbas dari antrian para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang meminta dilayani.

"Ya, sebetulnya karena terlampau banyak yang antri kemudian terjadi kerusuhan," kata Cak Imin, sapaan Muhaimin, sesaat sebelum melakukan rapat dengan Komisi IX DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/6/2013).

Dia menjelaskan, kejadian ini hanyalah peristiwa pembakaran plastik yang dilakukan para TKI yang sedang mengantri untuk mendapatkan pelayanan. "Itu hanya plastik yang dibakar, dilebih-lebihkan saja," paparnya.

Cak Imin juga menyebutkan, sudah mengirimkan Direktur Jenderal (Dirjen) terkait untuk mengurusi masalah ini. Dia bilang sudah sejak lima hari yang lalu, Dirjen itu sudah ada di sana.

"Kita sudah mengirim Dirjen ke sana, dan staf untuk memperkuat penanganan dan pelayanan yang disediakan Kemenlu. Sudah lima hari yang lalu," tegasnya.

Ratusan TKI melakukan aksi di depan KJRI di Jeddah. Mereka bahkan sudah berada di dekat lokasi sejak Minggu waktu setempat. Menanggapi banyaknya TKI yang overstay tersebut, Cak Imin menegaskan tidak akan ada pemulangan para TKI. "Enggak Ada," jelasnya.

Seperti diketahui, para TKI ini berdemo di Kantor KJRI di Jeddah hari Minggu waktu setempat. Mereka melakukan aksi bakar-bakaran dan berseteru dengan aparat keamanan setempat. Ratusan TKI ini berupaya memperbaiki status imigrasi mereka dari Kerajaan Arab Saudi.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.252 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.270 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    462 respon

Total Respon: 6.984
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft