okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 07 Nov 2012 11:18:11 GMT | By anton, okezone.com

BMKG: Waspadai Ancaman Banjir & Longsor di Sumut



BMKG: Waspadai Ancaman Banjir & Longsor di Sumut

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Polonia Medan meminta kepada warga Sumatera Utara untuk mewaspadai ancaman banjir dan tanah longsor menyusul tingginya curah hujan.

BMKG memperkirakan, curah hujan semakin tinggi hingga pertengahan November mendatang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Polonia Medan, Mega Sirait, menjelaskan, peringatan tersebut diberikan terutama kepada warga yang tinggal di bantaran sungai. Banjir kiriman dari hulu sungai masih bisa terjadi.

Tingginya curah hujan, lanjut dia, dipengaruhi anomali cuaca di Selat Malaka dan Samudera Hindia. Curah hujan tinggi terjadi di pantai timur dan barat Sumatera Utara.

Dia melanjutkan, banjir berpotensi terjadi di Medan, Langkat, Deliserdang, Serdang Bedagai, Asahan, dan Labuhan Batu Selatan. Sedangkan di pantai barat, banjir berpotensi terjadi di Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, dan Nias.

Curah hujan tinggi di Sumut, sambung Mega, sebenarnya terjadi setiap tahun dan biasanya berlangsung hingga akhir November, namun tahun ini kondisinya lebih ekstrem.

Sementara itu, banjir masih terjadi di sejumlah daerah di Sumut, seperti Deliserdang dan Serdang Bedagai. Banjir juga terjadi Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Banjir terjadi akibat luapan Sungai Barumun. Sedikitnya 200 rumah warga di sepanjang bantaran sungai di Kotapinang masih terendam.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.372 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.222 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    322 respon

Total Respon: 7.916
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft