okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 01 Aug 2013 06:47:48 GMT | By budi, okezone.com

BIN Harus Konfirmasi Kasus Penyadapan SBY ke CIA



BIN Harus Konfirmasi Kasus Penyadapan SBY ke CIA

JAKARTA - Dalam perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang, pencurian informasi dari pihak lawan selalu mungkin dilakukan oleh negara-negara super maju seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Menurut mantan Kepala Badan Koordinasi Intelijen Negara (BAKIN), Letjen Purn HM Soedibyo, meskipun Pemerintah AS dan Inggris mengatakan Dinas Intelijen beroperasi secara independen di luar kontrol pemerintah, namun jelas watak AS dan Inggris sebagai imperialis tidak bisa dipercaya.

"Sikapnya sebagai manipulator tidak berubah, masih melekat pada mereka karena ternyata pemerintah menggunakan informasi curian. Sehingga masalah inilah yang serbenarnya dapat diangkat sebagai alasan pemerintah meminta klarifikasi atas isu penyadapan itu," jelas Soedibyo kepada Okezone, Kamis (1/8/2013).

Apabila disebutkan whistle blower informasi ini adalah Edward Snowden, mantan anggota Central Intelligence Agency (CIA) yang sekarang berlindung di Rusia, ada kemungkinan isu penyadapan benar-benar terjadi dalam rangka pengkhianatan Edward Snowden yang maksimal kepada AS.

"Sampai sekarang belum disebutkan apa motif pengkhianatan Edward Snowden kepada CIA," jelas dia.

Tetapi lanjut dia, ada kemungkinan isu penyadapan ini justru rekayasa CIA dalam rangka upayanya memburu dan menghabisi nyawa Edward Snowden dengan menciptakan kebencian kepada Edward Snowden, karena jelas Edward Snowden terlibat dalam aksi penyadapan tersebut.

"CIA dapat mengatakan penyadapan yang dilakukan Snowden terhadap beberapa Kepala Negara Asia adalah inisiatifnya sendiri bukan perintah Direktur CIA," imbuhnya.

Dia menyarankan, dalam rangka memastikan apakah bernar-benar terjadi penyadapan atau tidak Badan Intelijen Negara (BIN) harus melakukan konfirmasi kepada CIA mengenai kasus tersebut. (hol)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    1.280 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    5.714 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    302 respon

Total Respon: 7.296
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft