okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 24 Jun 2013 10:58:37 GMT | By risna, okezone.com

BBM Naik, Nelayan Aceh Makin Menderita



BBM Naik, Nelayan Aceh Makin Menderita

BANDA ACEH - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dinilai makin menambah derita nelayan Aceh. Di tengah masa paceklik karena cuaca buruk, naiknya harga kebutuhan pokok akibat dampak kenaikan harga BBM menambah beban mereka.

"Kenaikan harga BBM berdampak langsung terhadap nelayan Aceh. Nelayan Aceh saat ini sedang mengalami masa penceklik akibat cuaca buruk," kata Panglima Laot Aceh, Teuku Bustamam di Banda Aceh, Senin (24/6/2013).

Pengurus tertinggi Lembaga Hukum Adat Laut itu menambahkan, kenaikan harga BBM akan memperbanyak hutang nelayan kepada toke-toke bangku (rentenir) dan sangat mungkin ada nelayan yang tidak mampu lagi mencari nafkah di laut.

Bustamam menyebutkan, nelayan sudah hampir sebulan tidak bisa melaut akibat cuaca buruk yang melanda Aceh, sehingga utang mereka sudah cukup banyak.

BBM khususnya solar sebagai bahan pokok operasional nelayan dalam mencari nafkah di laut, kini juga sudah naik harganya. "Nasib mereka seperti pepatah, sudah jatuh tertimpa tangga pula. Nelayan Aceh sebahagian besarnya adalah kelompok miskin dan sekarang akibat musim penceklik dan BBM naik membuat mereka semakin miskin," ujar Bustamam.

Menurutnya, intervensi pemerintah untuk membantu nelayan sangat mendesak, karena kalau tidak anak-anak nelayan kelaparan, mengalami gizi buruk, dan bisa putus sekolah.

Panglima Laot Aceh mengimbau agar pemerintah segera menyalurkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) atau apapun yang bisa membantu nelayan yang menerima dampak langsung akibat kebijakan kenaikan BBM.

Sekretaris Jendral Panglima Laot Aceh, Umar Abdul Aziz menambahkan, terkait kondisi ini, pihaknya akan segera mengirim surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk meminta perhatian khusus pemerintah terhadap nelayan, karena BBM merupakan urat nadi pekerjaan nelayan.

"Nelayan tidak mungkin mengayuh kapal dan ini menyangkut hajat hidup mayarakat miskin yang banyak," tukas Umar.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.876 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.155 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    426 respon

Total Respon: 6.457
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft