okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 31 Jan 2012 17:45:18 GMT | By rizka, okezone.com

Dua Tahun Berdiri, Nasdem Menjelma Jadi Ormas Besar



Dua Tahun Berdiri, Nasdem Menjelma Jadi Ormas Besar

BANDUNG - Sekjen Ormas Nasdem Syamsul Maarif mengatakan, di usianya yang genap dua tahun pada 1 Februari 2012, Nasional Demokrat (Nasdem) sudah mampu menjadi organisasi massa (ormas) besar.

Dia menyebut, ketika Nasdem memasuki usia ke dua tahun ini sudah memiliki 10 juta pengikut. Banyak tokoh besar yang ikut bergabung dengan Nasdem, di antaranya Buya Syafii Maarif, Anis Baswedan, selain inisiator Surya Paloh dan Sultan Hamengku Buwono.

"Apa rahasia Nasdem hingga mendapat respon publik yang luar biasa? Memang ada tokoh-tokoh besar, tetapi karena ada persamaan dalam melihat kesenjangan yang terjadi di masyarakat. Kita sudah lihat bersama bagaimana peran parpol dan pemerintah saat ini. Kita prihatin terhadap situasi dan kondisi bangsa itu," ungkap Syamsul, dalam jumpa pers pada HUT ke-2 Nasdem, di Hotel Papandayan, Bandung, Selasa (31/1/2012).

Memasuki tahun ketiga ini, ormas Nasdem akan melakukan evaluasi faktor apa saja yang menjadi masalah di negeri ini. Masalah yang disoroti terutama kepemimpinan dan moral. Jawaban dari krisis moral dan kepemimpinan itu adalah dengan cara restorasi Indonesia. "Jawaban intinya moral dan mental, kita harus keluar dari kemunafikan dan berani jujur," ujarnya.

Dia melihat ada masalah besar di kepemimpinan bangsa saat ini. "Jika pemimpinnya tegas kita tidak akan larut dengan persoalan Bima, Papua, dan Aceh. Kenapa aparat tidak mampu dan malah cenderung membiarkan? Untuk menjawab masalah kepemimpinan tak ada solusi lain selain harus diganti. Maka Nasdem menawarkan gerakan moral untuk melakukan restorasi Indonesia," paparnya.

Mengenai Partai NasDem, mantan politikus Golkar ini, mengatakan, partai NasDem didirikan bukan untuk menjadi parpol tetapi tetap sebagai wadah untuk menggabungkan semua potensi di Indonesia. "Tetapi karena anak-anak mudalah yang mendirikan partai NasDem, bukan ormas Nasdem. Mereka minta restu Surya Paloh dan menurutnya itu hak mereka, silakan saja," tuturnya.

Namun, antusiasme rakyat terhadap Partai NasDem juga tinggi. Dia makin optimis akan masa depan. "Memasuki tahun ke-3 ini NasDem sudah memiliki perwakilan di 33 provinsi di Indonesia yang tersebar di 308 kabupaten/kota. Artinya, pengurus NasDem di provinsi dan kabupaten/kota Indonesia sudah mencapai 100 persen, dan di kecamatan hingga ke desa-desa sudah hampir 100 persen," katanya.

0Komentar
Lihat Wajah Baru MSN. Klik di sini!

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.626 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    7.322 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 9.336
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft