okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 27 Jan 2012 08:04:39 GMT | By amril, okezone.com

Gubernur Bali Siap Perbaiki Pura Rusak Pascabentrok Lampung



Gubernur Bali Siap Perbaiki Pura Rusak Pascabentrok Lampung

DENPASAR - Gubernur Bali I Made Mangku Pastika berencana menggalang dana guna membantu perbaikan pura atau tempat suci ibadah warga Hindu yang rusak akibat bentrok massa di Lampung Selatan.

Menurut Pastika, saat ini yang diperlukan adalah semua pihak menahan diri tidak terprovokasi atas kasus bentrokan warga Napal dan Kotadalem Desa Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo,

"Saya sudah meminta warga Bali di manapun berada termasuk di Lampung agar tenang, walaupun saya menyadari mereka kini tidak mungkin tenang, lha wong rumahnya rusak dibakar," kata Pastika di kantor gubernuran, Kamis (26/1/2012).

Belum lagi kemungkinan munculnya ancaman serangan yang datang sewaktu-waktu. Karena itu, dia mengingatkan agar semua pihak tidak memperkeruh situasi dengan tindakan atau ucapan yang bisa memancing emosi dari masing-masing pihak.

Ditegaskan Pastika, bentrokan dua kelompok warga yang mengakibatkan puluhan rumah dibakar dan kendaraan roda dua dan empat dirusak, bukan persoalan agama.

"Ini tidak ada hubunganya dengan agama, konflik ini menurut saya kemungkinan karena ada faktor kecemburuan sosial di sana," katanya di sela-sela rapat evaluasi SKPD di lingkungan Pemprov Bali.

Sebagaimana diketahui, banyak transmigran asal Bali yang mampu ulet dan bekerja keras mengubah hidupnya. Mereka bisa menjadi sukses, lebih baik dan meningkat kesejahteraannya setelah bertahun-tahun menetap di Lampung.

"Namun sebagai warga rantauan, minoritas sebaiknya tidak hidup berlebihan, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," katanya mengingatkan.

Dalam konteks untuk membantu pemulihan dan meringankan beban penderitaan warga asal Bali di Lampung itu, pihaknya dalam waktu dekat akan menggalang dana.

"Teknisnya akan kita rundingkaan misalnya dengan mengumpulkan dana punia untuk membangun tempaat suci yang terbakar ," imbuh Pastika yang juga anak seorang transmigran yang besar di Bengkulu.

Namun sekali lagi, langkah ini bukan dimaksudkan untuk memprovokasi keadaan semata upaya membantu perbaikan tempat ibadah yang rusak dan memulihkan ekonomi mereka.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    753 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.148 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    170 respon

Total Respon: 4.071
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft