okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 16 Jan 2012 17:30:27 GMT | By budi, okezone.com

Mozaik Peradaban Islam di Eropa



Mozaik Peradaban Islam di Eropa

Judul Buku: 99 Cahaya di Langit Eropa: Menapak Jejak Islam di Eropa

Penulis: Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun : I, Juli 2011

Tebal : 412 halaman

Hubungan dunia Eropa dan Islam mulai memanas sejak rusuhnya berbagai kejadian dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Sebut saja, pengeboman Madrid dan London, kemudian serangan teroris 11 September di Amerika, kontroversi kartun nabi Muhammad, semuanya menyebabkan ketegangan hubungan antara Islam dan Eropa. Islam menjadi sesuatu yang menakutkan. Sehingga peradaban Islam di daratan Eropa menjadi sesuatu yang kian lama kian disudutkan.

Yang paling menonjol adalah serangan terhadap World Trade Center pada tanggal 11 September 2001. Serangan ini, yang dikutuk oleh setiap orang, terutama umat Muslim, tiba-tiba saja telah mengarahkan perhatian orang (khususnya warga Amerika) kepada Islam. Orang di Barat berbicara banyak tentang agama macam apakah Islam itu, apa yang dikatakan Alquran, kewajiban apakah yang harus dilaksanakan sebagai seorang Muslim, dan bagaimana kaum Muslim dituntut melaksanakan urusan dalam kehidupannya. Akibatnya, Islam terstigma dengan agama yang berkonotasi negatif dan menyebabkan kegincuan antara Islam dan dunia Eropa.

Ikhtiar untuk menghilangkan stigma demikian datang dari catatan perjalanan atas pencarian cahaya Islam di Eropa. Hanum Salsabiela Rais-Rangga Mahendra menemukan secercah cahaya perdaban Islam di Eropa yang sejatinya sejak dulu terbentang bertautan membentuk peradaban dan ilmu pengetahuan. Berbekal pengalaman selaman tiga tahun tinggal di Eropa, Hanum menemukan hal baru yang selama ini belum tersentuh oleh banyak kalangan.

Eropa dan Islam ternyata merupakan dua sejoli yang dulu pernah menjadi pasangan serasi. Eropa sesungguhnya menyimpan sejuta misteri tentang Islam. Kekuatan Islam di Eropa pernah menjadi inovator dan menjaga peradaban sebagaimana masa-masa Islam berkembang di Madinah dan Mekkah. Islam pernah menebar cahaya kedamaian dan persaudaraan di samudera Eropa.

Penelusuran Hanum menemukan bahwa Islam masuk dan menyinari Spanyol selama 750 tahun lebih, jauh sebelum dan lebih lama dari pada Indonesia. Islam pernah menjamah Eropa, menyuburkannya dengan menyebar benih-benih ilmu pengetahuan, dan menyayanginya dengan kasih sayang dan toleransi antar umat beragama.

Yang menarik, ternyata yang memperkenalkan Eropa pada Aristoteles, Plato, Socrates, yang pada akhirnya mengantarkan Eropa pada lanskap renaisance kemajuan, tak lain adalah peradaban Islam. Cordoba, ibu kota kekhalifahan Islam di Spanyol yang pernah menjadi pusat perdaban pengetahuan dunia, juga mampu membuat beberapa negara seperti Paris dan London beriri hati.

Dengan daya pikat bahasa yang lugas nan tandas, Hanum mampu menghadirkan detak gambaran bagaimana jatuh bangun peradaban Islam yang pernah menyinari daratan Eropa. Buku ini lebih dari novel biasa, bukan pula buku traveling yang memandu perjalanan, lebih dari itu novel ini menghanyutkan akan unggahan pemahaman dan perilaku beragama kita selama ini. Misalnya, radikalisme agama terlanjur teridentifikasi erat dengan dunia Islam.

Karena itu, Hanum mencoba memosisikan kembali hubungan harmonis Islam dan Eropa dalam pertautan wajah kebersamaan untuk menghadirkan gemuruh cahaya peradaban Islam seperti waktu dulu. Novel ini mampu memberikan pemahaman bahwa Islam "nyata" menjadi kekuatan alternatif yang dominan bagi pembangunan bangsa dan kemanusiaan. Hanum mampu merakit rentetan mozaik tentang kebesaran Islam di Eropa beberapa abad lalu dengan anggitan penilaian obyektif.

Wildani Hefni, Pengelola Rumah Baca PesMa Darun Najah IAIN Walisongo Semarang

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.094 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.628 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    787 respon

Total Respon: 8.509
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft