okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 12 Jan 2012 19:13:26 GMT | By ferdinan, okezone.com

Kapal Nyaris Tenggelam, ABK Malah Tolak Dievakuasi



Kapal Nyaris Tenggelam, ABK Malah Tolak Dievakuasi

SEMARANG - Sebanyak tujuh belas anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Sejahtera Mandiri menolak dievakuasi oleh Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Semarang, Jawa Tengah. Padahal KM Sejahtera Mandiri yang mereka naiki sudah tidak aman.

Kepala Basarnas Semarang, Riyadi menjelaskan, KM Sejahtera Mandiri mengalami mati mesin dan kebocoran di lambung kapal. "Saat hendak dievakuasi air sudah masuk ke dalam kapal, kira-kira tingginya permukaan air di dalam kapal sekitar 1,5 meter, nyaris tenggelam," kata Riyadi, Rabu (11/1/2012).

Menurut Riyadi, KM Sejahtera Mandiri berada di sekitar 2 mil dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. "Saya sangat berharap ABK mau dievakuasi, tapi mereka menolak karena lebih memilih berada di kapal dan menjaga barang. Mereka minta untuk ditarik tapi kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk menarik kapal," jelasnya.

Tinggi gelombang yang mencapai 3 meter membuat penarikan kapal naas itu urung dilakukan. Kondisi gelombang laut tinggi akan membahayakan KM Sejahtera Mandiri dan kapal penarik.

Basarnas malam tadi melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk memutuskan tindakan selanjutnya terkait kejadian ini. Hari ini rencananya tim Basarnas kembali ke lokasi terdamparnya kapal naas tersebut.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    361 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.472 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    62 respon

Total Respon: 1.895
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft