okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 07 Jan 2012 14:30:17 GMT | By rizka, okezone.com

Hadapi Pilgub Jabar 2013, Golkar Jajaki Koalisi dengan PDIP



Hadapi Pilgub Jabar 2013, Golkar Jajaki Koalisi dengan PDIP

BANDUNG - Partai Golongan Karya (Golkar) Jawa Barat akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan Jawa Barat untuk Menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 mendatang. Saat ini, rencana koalisi tersebut baru penjajakan tahap awal.

Penjajakan tahap awal ini diwujudkan dengan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Irianto MS Safiudin alias Yance yang melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ruddy Harsa Tanaya, di Hotel Horison Bandung.

"Pertemuan ini penjajakan awal. Namun kelihatannya kita sudah terbuka melakukan koalisi menghadapi Pilgub Jabar," kata Yance, di sela pertemuan tertutup tersebut, Sabtu (6/1/2012) malam.

Golkar menjajaki kemungkinan koalisi dengan PDI Perjuangan karena keduanya memiliki banyak persamaan. Dari sisi ideologi kata Yance, partai berlambang pohon beringin dengan partai berlambang kepala banteng itu sama-sama berhaluan nasionalis.

Untuk membahas rencana koalisi itu, Golkar Jabar telah membentuk tim khusus yang bernama Tim Sembilan.

"Nanti PDI Perjuangan juga akan membentuk tim lagi. Selanjutnya kedua tim akan melakukan komunikasi yang intenskan," jelasnya.

Lanjut Yance, penjajakan kemungkinan koalisi tersebut tidak hanya persiapan guna menghadapi Pilgub Jabar 2013 saja. Tetapi juga dibahas koalisi untuk pemenangan pilkada di empat kabupaten/kota di Jabar yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini.

"Jadi pertemuan ini juga membahas pilkada kabupaten/kota," kata Yance.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan koalisi akan berlangsung hingga Pemilu 2014 mendatang. "Ya termasuk legislatif juga," tandasnya.

Dia berharap, hubungan antara Golkar dan PDIP Jawa Barat ini bisa permanen, tidak hanya saat menjelang Pilkada atau Pemilu saja. Selain itu, saat ini kata dia, Partai Golkar juga tidak menutup diri untuk melakukan koalisi dengan partai lain meski sudah menjajaki koalisi dengan PDIP.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.142 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.242 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.837
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft