Mon, 12 Dec 2011 14:13:37 GMT | By beritasatu.com

Jakarta Banjir Besar Januari 2012

Jakarta Barat siaga menghadapi ancaman banjir besar lima tahunan pada Januari 2012.


Dari 13 sungai di DKI Jakarta, tujuh di antaranya melintasi Jakarta Barat. Pemerintah Kota Jakarta Barat siaga menghadapi ancaman banjir besar lima tahunan pada Januari 2012. Di antara yang telah dilakukan dalam mengantisipasi banjir besar ini dengan membuat pemetaan wilayah rawan banjir.

Wali Kota Jakarta Barat, Burhanuddin memaparkan, tujuh sungai yang melintasi Jakarta Barat adalah Kali Mookervaart, Angke, Pesanggrahan, Sekretaris, Grogol, Cengkareng Drain, dan Kali Banjir Kanal Barat. Kondisi ketujuh sungai utama yang melintasi Jakarta Barat itu menyempit, sehingga kemampuannya mengalirkan air minim.

"Kali Ciliwung, mulai Kalibata hingga Bukit Duri, kemampuan mengalirkan air hanya 17 persen. Kali Krukut 37 persen, dan Kali Pesanggrahan 21 persen. Padahal aliran permukaan dari bagian tengah dan hulu sungai yang masuk ke Jakarta meningkat sekitar 50 persen dalam 30 tahun terakhir," ujarnya seperti ditulis laman beritasatu.com, di Jakarta hari ini.

Melihat kondisi tersebut, jelas Burhan, seluruh elemen masyarakat baik instansi Pemkot Jakarta Barat, Polri, TNI dan warga Jakarta Barat harus waspada terhadap ancaman banjir besar yang diprediksi akan terjadi di Jakarta. Sebelumnya banjir lima tahunan ini terjadi di Jakarta pada tahun 2002 dan 2007.

"Kita harus lebih waspada, Jakarta diprediksi terancam banjir besar pada Januari 2012. Banjir diprediksi kembali melanda ibukota seperti 2002 dan 2007. Bila hal ini terulang lagi maka seluruh segi kehidupan masyarakat akan lumpuh tidak berdaya," imbuhnya.

Dikatakannya, wilayah Jakarta rawan banjir karena kondisi topografinya berada lebih rendah di atas permukaan laut. Ancaman banjir kian besar dengan kondisi sungai yang mengalami penyempitan dan pendangkalan.

Penulis: ZAL

Sumber:SP

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.020 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.422 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    756 respon

Total Respon: 8.198
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft