okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 02 Dec 2011 13:33:24 GMT | By amril, okezone.com

Gamawan : Fungsi Kehumasan Pemda Harus Dimaksimalkan



Gamawan : Fungsi Kehumasan Pemda Harus Dimaksimalkan

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi meminta, agar fungsi kehumasan di Kemendagri maupun instansi Pemerintah Daerah lebih dimaksimalkan, demi untuk menjalankan sosialisasi keberhasilan program.

"Keberhasilan dan kebaikan baik harus disebarluaskan. Ajaran yang baik, harus dihumaskan. Sebab humas adalah bagian dari sebuah sistem. Bagaimana organisasi pemerintah bisa baik kalau bagian sistemnya tidak baik," ujar Gamawan dalam diskusi tentang kehumasan di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, humas Kemendagri harus bisa menjalin komunikasi yang aktif bukan hanya dengan media massa, namun juga dengan Dirjen-dirjen sebagai pembahas sebuah kebijakan.

Sebab, jika sampai seorang Kapuspen Kemendagri tidak mendapat info yang cukup tentang kebijakan, maka komunikasi publik lembaga pun akan sulit berjalan.

"Ada kebijakan dari dirjen, kok puspen tak dikasi tau. Kalau ada informasi yang luput, maka sulit menyusun strategi informasi. Padahal citra pemerintah bisa buruk kalau puspen tidak baik," tegasnya.

Dengan dasar itu, Gamawan mengaku sepakat jika Kepala Humas ataupun Kapuspen dinaikkan statusnya dari pejabat eselon dua menjadi eselon satu.

"Mencari figur untuk jadi Kapuspen jauh bebih sulit dibanding mencari dirjen. Sebab kapuspen harus tau segalanya, komunikasi harus baik, relasi dengan media dan semua pihak harus baik. Kalau dirjen lebih mudah dicari karena kandidatnya banyak.

Misalnya ahli pemerintahan banyak dan tinggal dipilih yang paling baik untuk jadi Dirjen Otda misalnya," tegas Gamawan.

Sementara itu, Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men PAN) Faishal Tamim mengatakan, ada kesan dan perubahan kuat antara fungsi kehumasan pada masa orde baru dan masa reformasi.

"Sebab, sebelum reformasi komunikasi publik pemerintah masih satu arah. Sedangkan saat ini semua bisa bebas bicara sehingga kerja keras harus dilakukan humas," terangnya.

Mantan Dirjen Otda Depdagri di masa Orde Baru ini menambahkan, fungsi humas sangat strategis dan penuh dinamika sehingga pengelolaannya pun harus bisa mengikuti jaman.

"Humas itu fungsinya strategis dan paling dinamis. Makanya butuh figur SDM yang benar-benar solid untuk posisi di Kehumasan ini," terangnya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.292 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.210 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    886 respon

Total Respon: 9.388
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft