okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 29 Nov 2011 14:04:54 GMT | By rizka, okezone.com

IPW: Polisi Kasih Contoh Dulu, Baru Nyuruh Orang Disiplin!



IPW: Polisi Kasih Contoh Dulu, Baru Nyuruh Orang Disiplin!

JAKARTA - Maraknya perilaku 'nakal' dan tindakan indisipliner yang kerap dilakukan oknum petugas polisi khususnya anggota polantas, agaknya dapat menjadi kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat.

Perilaku tidak disiplin ini dikhawatirkan dapat membuahkan tindakan sewenang-wenang oleh oknum anggota itu sendiri dalam melakukan penindakan kepada para pengguna jalan yang melanggar aturan lalulintas.

"Kalau perilaku seperti ini dibiarkan tanpa ada tindakan tegas (dari atasan), kita khawatir dalam melakukan Operasi Zebra ini mereka tidak menegakkan disiplin yang sesungguhnya tetapi justru bermain-main, dan ini berbahaya bagi masyarakat," ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Netta Satti Pane saat berbincang dengan okezone, Senin (28/11/2011) malam.

Netta melanjutkan, jika pada upacara gelar pasukan di Mapolda Metro saja, para anggota ini sudah berani melecehkan pimpinannya dengan 'duduk-duduk' santai di barisan belakang, maka tak bisa dibayangkan, ketika mereka menjalankan tugas di lapangan tanpa pantauan atasannya langsung.

"Mereka ini bisa merusak citra polisi. Jika Kapoldanya saja berani dilecehkan bagaimana kita masyarakat di jalan, tentu akan lebih berani mereka," sambung Netta.

Dia pun mengimbau kepada aparat kepolisian agar menerapkan kedisiplinan terlebih dahulu kepada masyarakat secara menyeluruh jikalau aturan yang dibuatnya pun ingin dipatuhi. "Beri dulu contoh, beri teladan bagaimana itu disiplin, baru menyuruh orang untuk berdisiplin," pungkasnya.

Seperti diberitakan, sekira ratusan perwira menengah dan aparat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendapat hukuman berlari mengelilingi Kompleks Mapolda Metro Jaya lantaran kedapatan tidak disiplin pada saat upacara gelar pasukan operasi lalu lintas dengan sandi "Zebra Jaya" yang dihelat Senin 28 November kemarin. Puluhan anggota polisi yang berada di barisan belakang terlihat duduk saat persiapan gelar pasukan.

Tindakan memalukan itu bahkan dianggap telah mencoreng muka Kapolda Metro Jaya, Irjen Untung S Radjab, lantaran dilakukan para anggota dihadapan para tamu yang hadir diantaranya perwakilan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan unsur TNI.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    753 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.148 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    170 respon

Total Respon: 4.071
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft