okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 04 Feb 2013 06:03:14 GMT | By taufik.budi, okezone.com

Analis Intelejen Tanggapi Konspirasi versi Anis Matta



Analis Intelejen Tanggapi Konspirasi versi Anis Matta

JAKARTA- Kata konspirasi mendadak menjadi populer setelah Anis Matta menggunakannya pada orasi pengukuhan menjadi Presiden Partai Keadilan Sejahtera menggantikan Luthfi Hasan Ishaaq, yang tersandung kasus dugaan penerimaan suap izin impor daging sapi. Kata ini ditanggapi banyak pengamat dan politikus secara beragam.

Sebagian menyebut Anis Matta sengaja menggunakan kata konspirasi dengan maksud untuk menyolidkan barisan kader PKS yang seperti dicabik-cabik isu korupsi yang menerpa pucuk pimpinan tertinggi partai. Namun, ada juga yang memandang miring dengan menyebut PKS sengaja mencari 'kambing hitam' agar partai bisa diselamatkan.

Sebenarnya, apa definisi konspirasi? Analis intelijen Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, mengatakan, konspirasi adalah suatu kinerja yang dibentuk berdasarkan sebuah kesepakatan antara dua atau lebih pihak yang punya kesamaan kepentingan.

"Meskipun terkadang antarpihak tidak memiliki latar belakang yang sama dan profesi yang sama," kata Susaningtyas, saat dihubungi Okezone, Minggu 3 Februari malam.

Menurut perempuan yang kini menjabat Anggota Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat itu, konspirasi biasanya dilakukan dengan jalan covert action. Yakni, tindakan rahasia yang dilakukan untuk mempengaruhi jalannya peristiwa politik sebagai operasi intelijen pemerintah. "Biasanya dilakukan secara senyap atau covert action," terangnya.

Susaningtyas menambahkan ada sejumlah kasus kematian atau penggulingan presiden yang bisa dinilai bagian dari konspirasi. "Tapi, tidak mudah kita mengenali sebuah keadaan sebagai wilayah konspirasi karena keberadaannya seringkali tampak normal dan wajar. Untuk mengetahuinya perlu penyelidikan mendalam," terang perempuan yang akrab disapa Nuning tersebut.

Menurut Susaningtyas, dalam konspirasi terkadang masing-masing pelaku atau aktor tidak saling menyadari telah terjerat dalam persekongkolan. "Anggota bisa saling kenal atau tidak saling kenal," tambahnya.

Susaningtyas juga menyatakan konspirasi tidak selalu untuk mempertahankan atau merebut kekuasaan politik. "Dalam kehidupan sehari-hari bisa saja (ada konspirasi). Untuk memperebutan warisan orang tua," katanya.

Seperti diketahui, ketika didaulat menjadi Presiden PKS, Anis Matta menuding kasus suap izin impor daging yang menjerat Luthfi Hasan Ishaaq merupakan bagian konspirasi yang bertujuan menjatuhkan citra partai.

"Yang dihadapi PKS hari ini adalah sebuah konspirasi besar yang bertujuan ingin menghancurkan partai. Menurut saya peristiwa besar ini merupakan sejarah yang membangunkan macan tidur PKS," ungkap Anis di Gedung DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta, Jumat 1 Februari.

Anis membela Luthfi. Dia menyatakan Luthfi adalah pemimpin yang dicintai kader PKS karena memiliki integritas yang baik. "Saya ingin menyampaikan saya mencintainya. Seluruh pengurus, pimpinan, dan kader mencintai beliau. Kita juga percaya akan integritas beliau," jelasnya dengan nada haru.

Dalam kasus suap izin impor daging sapi, KPK menetapkan tersangka dan menahan mantan Presiden PKS itu, di Rumah Tahanan Militer Guntur, Jakarta Selatan. Meski tidak berada di tempat kejadian, Luthfi disangka terlibat transaksi suap antara koleganya, Ahmad Fathanah dengan dua petinggi PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi, di Pondok Bambu, Jakarta Timur, Selasa pekan lalu untuk pengurusan izin impor.

Mereka yang yang mengadakan transaksi suap itu lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan. Sebagai barang bukti, KPK menyita uang Rp1 miliar yang terdiri dari pecahan Rp100 ribu. Selain itu, di belakang jok mobil Ahmad Fatanah KPK mengamankan sejumlah buku tabungan dan beberapa berkas di kantong plastik hitam.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.112 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.236 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    452 respon

Total Respon: 6.800
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft