okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2014, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 07 Feb 2014 11:36:34 GMT | By yudha, okezone.com

Air Laut di Banten Surut Sejak Januari Lalu



Air Laut di Banten Surut Sejak Januari Lalu

SERANG - Kejadian langka atas surutnya air laut disepanjang kawasan Perairan Utara Banten, masih menjadi sebuah tanda tanya besar bagi warga. Ditambah, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang belum dapat memastikan penyebab terjadinya fenomena tersebut.

"Ya dari Januari awal sampai sekarang ini. Baru tahun ini surut nya, sampai 1 kilometer. Biasanya cuma sedikit doang, tapi sekarang sampai tengah. Biasanya ya paling 200-an meter," ujar Tamo Yadi, salah satu nelayan yang ditemui saat membenarkan perahunya di pelabuhan Karangantu, Kota Serang, Jumat (7/2/2014).

Sementara warga Karangantu, Kota Serang, Abi Nurdin, saat ditemui di sebuah warung kecil di dekat pelabuhan Karangantun ia mengatakan surutnya air laut disepanjang kawasan Perairan Utara Banten membuat warga bingung.

"Surutnya air laut ini bikin bingung warga, ada orang asing itu datang jauh-jauh ke sini untuk liat," tuturnya.

Sebelumnya penyebab fenomena alam ini masih mengundang tanya, dan BMKG Kelas I Serang masih melakukan penelitian. Hasil analisis sementara yang dilakukan BMKG, penyebab surutnya air laut itu dikarenakan adanya gaya tarik bulan.

BMKG juga berkoordinasi dengan pihak lain, untuk mencari tau penyebab pasti surutnya air laut secara tiba-tiba tersebut.

"Kami masih melakukan pemantauan untuk mengetahui penyebab pastinya," ujar Kepala Informasi BMKG Serang, Tri Tjahjo di Serang, Jumat 7 Februari.

Pihaknya mengaku butuh waktu untuk memastikan penyebab surutnya air laut. Penelitian yang dilakukan juga untuk memastikan kondisi sekitar pantai aman, termasuk kemungkinan terjadinya tsunami. Ini mengingat, air laut sempat surut saat Aceh dilanda tsunami pada 2004 silam.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.380 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.466 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    924 respon

Total Respon: 9.770
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft