okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 31 Jan 2013 12:26:41 GMT | By susi, okezone.com

Ahmad Fathanah Bukan Staf Luthfi di DPR



Ahmad Fathanah Bukan Staf Luthfi di DPR

JAKARTA - Ahmad Fathanah, salah satu pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap impor daging oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan adalah seorang staf ahli dari Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq.

Namun hal itu dibantah oleh salah satu staf yang saat ini berada di ruang Fraksi PKS, di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan.

Menurut staf yang tidak bersedia menyebutkan namanya itu, Luthfi tidak memiliki staf bernama Fathanah di DPR. "Stafnya Pak Luthfi di DPR itu Hartono dan Kurnia. Enggak tau ya kalau (staf yang) di DPP," kata staf tersebut saat ditemui di ruang Fraksi PKS, Kamis (31/1/2013).

Berdasarkan informasi, Fathanah yang ditangkap KPK bersama seorang perempuan di Hotel Le Meridien dengan barang bukti Rp1 miliar merupakan orang terdekat dari Lutfi. Namun sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak PKS.

KPK menetapkan Luthfi sebagai tersangka penerima suap Rp1 miliar dari PT Indoguna Utama terkait kasus pengurusan daging sapi impor. Luthfi diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau b, Pasal 5 ayat 2 atau Pasal 11. Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1. Dia ditetapkan sebagai tersangka bersama AE atau Ahmad Fatanah, pihak swasta.

Praktik suap itu sendiri terjadi di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat. Ketika suap terjadi Luthfi Hasan Ishak tidak berada di tempat. Namun, KPK berhasil membekuk pengusaha berinisial A dari PT Indoguna Utama, pria berinisial S yang diduga sebagai sopir A, serta wanita berinisial M.

Dari penangkapan itu, KPK mengamankan sejumlah uang yang nilainya ditaksir mencapai Rp1 miliar. Uang pecahan Rp100.000 itu disimpan dalam dua kantong plastik berwarna putih dan hitam.

Berdasarkan penelusuran, PT Indoguna Utama bergerak dalam bidang impor makanan terutama daging. Perusahaan itu memiliki cabang di Singapura, Dubai, Hong Kong dan Macau. Selama lebih dari tiga dekade, perusahaan ini telah mensuplai kebutuhan daging-daging untuk hotel, restoran dan supermarket ternama di Indonesia dan negara-negara lainnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.099 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.227 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    449 respon

Total Respon: 6.775
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft