okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 05 Apr 2013 12:35:55 GMT | By anton, okezone.com

8 Korban Tewas Bentrok di Rudenim Bukan Muslim Rohingya



8 Korban Tewas Bentrok di Rudenim Bukan Muslim Rohingya

MEDAN - Delapan korban tewas dalam bentrokan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Belawan, Medan, Sumatera Utara, merupakan nelayan pelaku kriminal illegal fishing. Para korban juga berasal dari Myanmar.

Muhammad Putra, salah seorang pengungsi Rohingya, Jumat (5/4/2013), mengatakan, pengungsi asal Rohingya dan pelaku illegal fishing ditampung di lokasi yang sama.

Kata Muhammad, dua hari sebelum kejadian, ada beberapa perempuan Rohingya yang mendapat perlakukan asusila dari para nelayan tersebut. Para perempuan diikuti saat ke kamar mandi. Setelah para perempuan muslimah Rohingya itu masuk ke kamar mandi, para nelayan mengganggu mereka.

Masih diungkapkan Muhammad, karena sering diganggu, para perempuan itu takut kemudian mengadu kepada lelaki Rohingya. Sejak itu, sempat terjadi pertengkaran antara pengungsi Rohingya dan para pelaku kriminal.

Puncaknya, pada Kamis, 4 April 2013 hingga Jumat (5/4/2013) dini hari, terjadi pertengkaran. Awalnya, seorang nelayan menusuk perut seorang pemuda Rohingya.

Mengetahui rekannya luka, para pemuda Rohingya menarik delapan pelaku illegal fishing itu ke lantai II. Di situlah terjadi pengeroyokan yang menyebabkan delapan pelaku kriminal tewas. Para nelayan tersebut dipukuli menggunakan kursi di lantai II.

Informasi yang dikumpulkan di lokasi, pengungsi asal Rohingya yang menghuni Rudenim Belawan berjumlah 117 orang, sedangkan para pelaku illegal fishing asal Myanmar 11 orang.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.142 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.243 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.838
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft