okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 28 Feb 2013 06:05:08 GMT | By taufik.budi, okezone.com

60 Persen Penduduk Sumut Masih Tak Sadar Pilgubsu



60 Persen Penduduk Sumut Masih Tak Sadar Pilgubsu

MEDAN- Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Periode 2013-2018, hanya tersisa satu pekan lagi. Namun minimnya partisipasi masyarakat, menjadi kekhawatiran utama di Pilgubsu.

Kekhawatiran itu boleh jadi benar, pasalnya berdasarkan survei yang digelar pemerintah provinsi, jumlah masyarakat yang sadar pilkada relatif kecil. Bahkan para calon yang kini tengah berkampanye mendatangi masyarakat pun sering kali tidak dikenal.

"Desember lalu kami bersama Universitas Sumatera Utara menggelar survei untuk mengetahui kira-kira berapa besar potensi golput pada Pilgubsu ini. Periode survei antara September dan Oktober. Lokasi survei di sekitar Pantai Timur yang memang jadi konsentrasi penduduk. Faktanya cukup mengejutkan, karena hampir 60 persen penduduk Sumatera Utara tidak tahu kapan pelaksanaan Pilgubsu. Ironisnya lagi, lebih dari 50 persen masyarakat Sumut tak mengenal satu pun calon yang maju di pilgubsu," jelas Kepala Kesbanglinmaspol Sumut, Edi Sofyan Purba, saat membacakan sambutan Plh Gubernur Sumut, pada Rapat Kordinasi Pengawasan Pemilukada Sumut, di Hotel Grand Angkasa Medan, Rabu 27 Februari malam.

Kondisi yang sama diakui Pengamat Politik Universitas Muhamadiyah Sumut, Shohibul Anshor. Berdasarkan survei yang digelar Basis dan Lembaga Survei Nasional, hanya sekira 53 persen penduduk Sumut yang mengetahui kapan Pilgubsu berlangsung.

"Saya agak kaget juga mendengar hasil survei itu. Karena sebelumnya pada Februari-Maret 2013, kami juga melakukan survei, dan hasilnya sekira 53 persen. Kami semakin khawatir kalau begini, karena meski jumlahnya bukan berkurang tapi malah bertambah. Padahal jaraknya sudah hampir setahun dan KPU mengklaim terus melakukan sosialisasi," tandas Shohibul.

Sebagai perbandingan, jumlah pemilih di Sumatera Utara sendiri pada tahun ini mencapai 10.310.872 jiwa. Sementara pada Pilgubsu 2008 lalu, jumlah pemilih mencapai 8.482.505 jiwa, dengan tingkat partisipasi 55,75 persen.

Dari sisi anggaran, Pilgubsu tahun ini menelan anggaran senilai Rp700 miliar untuk dua putaran, sementara pada 2008, hanya Rp224 miliar.

0Komentar
Lihat Wajah Baru MSN. Klik di sini!

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.626 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    7.322 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 9.336
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft