okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 13 May 2013 10:19:13 GMT | By taufik.budi, okezone.com

4.342 Pecalang Disiagakan Mengamankan Pilgub Bali



4.342 Pecalang Disiagakan Mengamankan Pilgub Bali

DENPASAR - Ribuan pecalang disiagakan untuk mengamankan pencoblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali yang akan berlangsung pada 15 Mei 2013.

Koordinator Parum Pecalang Kota Denpasar, I Made Mudra, berharap Pilgub Bali berlangsung damai. Untuk itu, sesuai amanat paruman pecalang se-Kota Denpasar, Minggu, 12 Mei 2013, pecalang membantu mengamakan pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Kami pecalang di Denpasar siap membantu aparat penegak hukum, khususnya dalam mengamankan wilayah banjar masing-masing selama pilgub, " ujar I Made Mudra, Senin (13/5/2013).

Pecalang dikerahkan untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) di masing-masing banjar atau wilayahnya.

Selain mengawal pilgub, pihaknya akan membantu mengawasi distribusi kotak surat suara yang saat ini telah berada di kantor kelurahan sebelum disebar ke banjar.

Pecalang berkepentingan mewujudkan dari sisi kemamanan agar tahapan pelaksanaan pilgub sampai pencoblosan berjalan lancar.

Dia menegaskan, pecalang akan bersikap netral. Mereka hanya memastikan keamanan warga dari kemungkinan gangguan keamanan.

"Kami akan membantu dari sisi keamanan supaya bisa berjalan lancar. Masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing-masing," tegasnya.

Setiap banjar akan dikawal 10 pecalang. Sementara jumlah banjar di Denpasar mencapai 434. Dengan demikian total pecalang yang dikerahkan mencapai 4.340 orang.

Sesuai hasil paruman pecalang, mulai hari ini, pecalang sudah bertugas di banjar masing-masing sampai pencoblosan. Guna memudahkan koordinasi, para pecalang dibekali handy talkie (HT).

Pihaknya berharap, warga menggunakan hak pilihnya secara baik, menghindai praktik dan upaya yang dapat menciderai demokrasi seperti money politic, serangan fajar dan lainnya.

Peran pecalang yang ditempatkan di TPS masing-masing secara tidak langsung juga menjalankan tugas prajuru adat. Pecalang berada di garda terdepan untuk mengamankan wilayahnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.014 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.201 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    439 respon

Total Respon: 6.654
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft