okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 11 Feb 2013 12:47:50 GMT | By yudha, okezone.com

4 Pendaki Ditemukan, Tim SAR Lanjutkan Pencarian



4 Pendaki Ditemukan, Tim SAR Lanjutkan Pencarian

POLEWALI - Empat pendaki Gunung Ganda Dewata, yang berasal dari mahasiswa pecinta alam (Mapala) sudah ditemukan. Namun, gabungan tim Search and Rescue (SAR) tetap akan melanjutkan proses pencarian terhadap satu pendaki lagi yang hingga kini belum ditemukan. Dia adalah Farhan, anggota Mapala asal Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar.

Hal tersebut diungkapkan, Ahmad Qashlim, koordinator tim posko Unasman, Minggu, (10/2/2013).

Menurut dia, saat keempat pendaki yakni Awaluddin, Muh Muchsin (Tamsil), Nurhidayat dan Muhammad Ilham ditemukan oleh sembilan orang tim yang bergerak menuju pos tujuh, sebahagian telah melanjutkan pencarian terhadap Farhan.

"Pencarian difokuskan antara pos 7,8,9 lokasi yang diduga tempat tersesatnya Farhan. Itu berdasarkan keterangan empat pendaki yang sudah ditemukan sebelumnya." ujar Ahmad Qashlim.

Dia mengatakan, dalam pencarian terebut, tahap pertama, tim menargetkan jangka waktu selama satu minggu. Jika tidak ditemukan, maka akan dilanjutkan pencarian minggu kedua.

"Dalam pencarian itu, semua tim masih berharap bahwa Farhan bisa ditemukan seperti empat pendaki yang sudah ditemukan sebelumnya. Kita masih berharap banyak Farhan ditemukan dengan baik. Saat ini, tim masih banyak yang ada di lokasi untuk melanjutkan pencarian," tuturnya.

Sementara itu, Sabtu malam, 9 Februari kemarin, sekira pukul 23.00 WITA, empat pendaki yakni Awaluddin dari Mapala Unsulbar, Muh Muckhsin (Tamsil) dari Mapala Unasman, serta Muhammad Ilham dan Nur Hidayat dari Mapalasta UIN Alauddin Makassar, disambut dengan isak tangis dan rasa haru oleh keluarga di base camp Mapala Unasman.

Tak hanya keluarga, mahasiswa yang juga ikut menanti pun merasa bahagia karena temannya berhasil ditemukan. Sementara itu, beberapa mahasiswa lainnya juga masih sedih karena satu temannya lagi belum ditemukan.

Setibanya di kampus Al Asyariah, keempat langsung direbut oleh keluarga masing-masing. Betapa tidak, selama kurang lebih 9 hari, keempat pendaki yang dinyatakan hilang tersebut akhirnya ditemukan dengan selamat.

Setibanya di base camp Mapala Unasman, keempat pendaki tersebut langsung diserahkan kepada kerabatnya yang sudah menunggu sejak Sabtu sore. Penyerahan dilakukan langsung oleh koodinator posko Unasman, Ahmad Qashlim secara satu persatu.

Sementara itu, Pembina Mapala Unasman, Syaeba, pada kesempatan itu, menyampaikan rasa syukur atas ditemukannya keempat anggota Mapala yang sempat hilang. Meski demikian, Syaeba juga berharap satu pendaki lagi juga bisa ditemukan dengan selamat.

Syaeba mengatakan, empat pendaki itu diserahkan kepada keluarga agar mereka bisa beristirahat pasca hilangnya selama sembilan hari. Sebab, pasti kondisi mereka juga sangat lemah.

"Untuk pendaki Farhan yang belum ditemukan, pencarian masih akan tetap dilanjutkan. Kita berharap ia juga bisa segera ditemukan oleh tim," tutupnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    568 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.322 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    115 respon

Total Respon: 3.005
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft