Thu, 11 Jul 2013 18:45:00 GMT | By Merdeka

MK Batalkan Kemenangan Alex Noerdin di Pilgub Sumsel

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian," kata Ketua Majelis Hakim MK, Akil Mochtar.


Kemenangan Alex Noerdin dibatalkan (© Merdeka)

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian gugatan pasangan cagub cawagub Sumatera Selatan, Herma Deru-Maphilinda Boer sebagai pemohon Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilgub Sumsel. Alhasil, keputusan KPU Provinsi Sumatera yang menetapkan pasangan Alex Noerdin dan Ishak Mekki sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan 2013-2018, dibatalkan.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian," kata Ketua Majelis Hakim MK, Akil Mochtar, saat membacakan putusan di Gedung Konstitusi, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/).

MK telah menilai pasangan Ale Noerdin-Ishak Mekki berhasil mendulang suara terbanyak dalam Pilgub Sumsel 2013, dengan memanfaatkan APBD Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2013 bertanggal 21 Januari 2013 dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 1.492.704.039.000, secara terstruktur, sistematis, dan masif.

MK memutuskan dilakukannya pemungutan suara ulang di empat kabupaten/kota dari 15 kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

"Mahkamah memandang perlu melakukan pemungutan suara ulang di dua kabupaten, dua kota, dan satu kecamatan, yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Palembang, Kota Prabumulih, dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan," ujar anggota Majelis Hakim Konstitusi, Harjono.

Dengan putusan itu, keputusan KPU Sumsel No 33 dan 34 Kpts/KPU.Prov-006/VI/2013 tentang perselisihan rekapitulasi penghitungan perolehan suara pilkada tingkat provinsi dibatalkan.

"Memerintahkan KPU Provinsi Sumsel, KPU, Badan Pengawasan Pemilihan Umum Sumsel, Badan Pengawas Pemilu, untuk melaporkan kepada Mahkamah pelaksanaan amar putusan ini dalam waktu paling lambat 90 hari sejak putusan ini diucapkan," bunyi putusan MK.
 

[dan]

2Komentar
12 Jul, 2013 04:36
avatar

SAYA KIRA TINDAKAN GUBERNUR SUMATERA SELATAN INI TERMASUK TINDAK PIDANA KORUPSI.

AGAR TAHU YA ATAU TIDAKNYA KPK HARUS BERANI MENINDAK GUBERBUR INI DAN MENGADILI  NYA DI TIPIKOR.

11 Jul, 2013 21:36
avatar
Mmmmm ... untung kabupaten Ogan Ilir ndak diulang, jika diulang pusing juga tuh pak Mawardi ...
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.014 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.201 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    439 respon

Total Respon: 6.654
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft